Penyebab Kelahiran dan 5 Kebutuhan Dasar Bayi Prematur Penyebab Kelahiran dan 5 Kebutuhan Dasar Bayi Prematur

Bayi prematur adalah bayi yang terlahir ke dunia lebih cepat dari bayi-bayi lain pada umumnya. Jika bayi normal lahir pada usia kehamilah 38-42 minggu, maka pada bayi prematur kelahiran terjadi di usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Kalau bayi normal terlahir dengan berat badan antara 2,5 kg - 3 kg, maka bayi prematur bisa terlahir dengan berat 0,5 kg - 2 kg.

Penyebab.
Faktor penyebab kelahiran bayi prematur beragam. Mulai dari gaya hidup ibu yang tidak sehat selama kehamilan, seperti minum-minuman yang mengandung alkohol, merokok, menggunakan narkoba (narkotik dan bahan/obat berbahaya), pola makan yang buruk, sampai hal-hal diluar kendali seorang ibu hamil. Hal-hal ini seperti kelainan struktur rahim, infeksi, ketidakseimbangan hormon, faktor usia ibu hamil yang terlalu muda atau tua dan stres berat.

Image credit : Idiva.com
Bila bayi Anda termasuk bayi prematur, mungkin Anda akan merasa terkejut, sedih dan khawatir. Hal ini wajar terjadi karena kelahiran terjadi lebih cepat dari jadwal yang ditentukan, dan Anda mungkin tidak memiliki banyak informasi mengenai bayi prematur. 

Berikut adalah petunjuk praktis kebutuhan dasar bayi prematur untuk membantu orang tua menjalin ikatan batin dengan bayi prematur.

1. Bersih dari kuman penyakit.
Mencuci tangan Anda dengan gel antiseptik secara menyeluruh adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika memasuki NICU (Neonatal Intensive Care Unit). NICU adalah ruangan khusus di rumah sakit untuk merawat bayi baru lahir sampai usia 30 hari yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus di bawah pemantauan tim dokter.

Orang yang dapat masuk ke NICU dibatasi jumlahnya. Peraturan NICU lainya selain mencuci tangan dengan gel antiseptik, juga mewajibkan pengunjung untuk melepas alas kaki mereka, menanggalkan perhiasan, serta mengenakan pakaian khusus dari rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesterilan ruangan dan menghentikan penyebaran kuman penyakit ke semua bayi di ruangan tersebut.


2. Kehangatan.
Bayi prematur belum memiliki cukup jaringan lemak dbawah kulit yang dapat mempertahankan suhu tubuh mereka. Kehangatan dibutuhkan bayi prematur karena mereka beresiko mengalami hipotermi atau suhu tubuh rendah. Bayi prematur sering merasa kedinginan walaupun dibungkus dengan selimut.

Oleh sebab itu, dibutuhkan inkubator atau penghangat yang berguna untuk menjaga bayi agar tubuhnya tetap hangat. Inkubator adalah ruangan berdinding kaca yang suhunya bisa diatur agar selalu hangat berkisar antara 35º c - 36º c. Inkubator juga berfungsi untuk meminimalkan resiko kontak antara bayi prematur dengan orang dan lingkungan yang berpotensi menularkan kuman penyakit.

Ada dua jenis tipe inkubator :

- Pada inkubator yang memiliki tutup, pengontrolan suhu dilakukan dari pemanas di bawah inkubator. Inkubator jenis ini dilengkapi dua lubang seukuran tangan orang dewasa di bagian sisinya, untuk memudahkan Anda menyentuh dan membelai anak Anda dengan kasih sayang.

- Pada inkubator yang tidak memiliki tutup, pemanas ada di bagian atas. Kelebihan dari jenis inkubator ini adalah Anda bisa menggendong anak Anda sewaktu-waktu, misalnya untuk disusui atau dipeluk.


3. Aroma Ibu.
Banyak penelitian telah dilakukan oleh berbagai badan amal bayi prematur yang menunjukkan bahwa bayi prematur tahu kapan Anda berada di sekitarnya dan dapat mengenali suara Anda. Dengan cara yang sama mereka juga dapat mengenali aroma Anda. Beberapa wanita telah menemukan hal yang dapat menjaga bayi mereka dalam keadaan stabil adalah jika mereka menaruh sesuatu di dalam inkubator yang memiliki aroma mereka.

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di


Sumber : http://www.bayisehat.net/artikel/Gizi+dan+Kesehatan/Bayi/lebih.dekat.tentang.nicu/001/001/1758/1

No comments:

Post a Comment

No spam comments! .