Resep cake wortel (carrot cake) yang sehat dan lembut

Alhamdulillah akhirnya gw punya waktu lagi untuk update blog, mumpung anak sulung lagi kunjungan rutin ke dokter ditemani bapaknya (setelah selesai nanti lanjut ke sekolahnya) dan anak bungsu masih di sekolahnya. Kali ini yang gw mau tulis adalah resep cake wortel atau carrot cake. 

Ini pertama kalinya gw coba buat bolu wortel dan hasilnya ..wah..diluar dugaan, lembut, moist dan sedap banget! Gak bau langu wortel karena resep ini pakai vanila bubuk dan kayu manis bubuk. Ada rasa asamnya juga sedikit karena pakai nanas dan icingnya mengandung jus lemon. Kayaknya bakal sering-sering bikin nih, soalnya keluarga pada suka. Pas banget untuk teman minum teh, kopi dan susu coklat di sore hari :-)

Untuk ibu-ibu yang memiliki anak yang gak suka makan buah atau sayuran tertentu, salah satu tips untuk mengatasi anak memakan makanan yang tidak disukainya adalah dengan menyelipkannya ke dalam makanan yang dia suka. 

Misalnya aja anak suka makan spaghetti, bisa masukkin wortel rebus yang telah dihaluskan ke adonan saus   tomat dan daging untuk spaghettinya. Misalnya lagi anak suka makan bolu tapi gak suka wortel dan nanas, nah pas banget deh untuk coba resep ini. 

Selain enak, cake wortel ini juga lebih  bergizi karena mengandung olive oil, wortel dan nanas. Resep ini gw dapat dari salah satu buku resep yang gw punya di rumah, langsung aja ya, ini resepnya :


Cake wortel / carrot cake

Bahan :

100 ml olive oil (minyak zaitun)
90 gram gula palem (persediaan lagi habis jadi gw pake gula putih)
90 gram tepung terigu
2 telur ayam ukuran sedang
125 gr wortel diparut halus, jangan diperas ya airnya
100 gr nanas dicincang halus, diperas sedikit airnya
1/2 sendok teh vanila bubuk
1/2 sendok teh baking soda
1/2 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh bubuk kayu manis 

Bahan olesan : 

100 gram gula halus 
1 sendok teh jus lemon 

Cara membuat : 

1. Panaskan oven 180 derajat celcius selama 20 menit. Siapkan loyang bundar dan alasi dasarnya dengan kertas roti (baking paper) yang telah olesi dengan sedikit mentega.
2. Kocok olive oil, gula, vanila bubuk dan telur di baskom besar dengan electric mixer sampai lembut. Masukkan parutan wortel dan nanas cincang, lalu aduk rata. 
3. Ayak tepung terigu, baking powder, baking soda dan bubuk kayu manis yang telah dicampur, lalu masukkan ke adonan. Aduk lipat secara perlahan sampai merata. 
4. Tuang ke loyang dan ratakan. Masukkan ke oven dan panggang selama 20 menit (oven tidak dibuka sebelum waktu yang ditentukan) dan sampai berwarna kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven dan lakukan tes dengan tusuk sate, kalau tusuk sate yang dimasukkan dan dikeluarkan kering dan bersih artinya kue sudah matang. 
5.  Ambil piring datar dan balikkan loyang. Lepas kertas roti dan dinginkan.
6. Untuk membuat icing : aduk gula halus dan jus lemon dengan pengocok atau sendok sampai lembut dan kental. Oleskan icing secara merata di seluruh permukaan kue dengan palette knife atau pisau kue yang telah dicelupkan ke air panas.. 
7. Diamkan beberapa saat sampai icing agak mengeras. Cake siap dipotong dan dimakan dengan custard ..hmm..yummy!

Selamat mencoba :-)

5 comments:

  1. Dear mbak Widya, senengnya nemu resep cake yang tidak pakai butter/margarin. Boleh contek resepnya yaa untuk posting di blog saya, makasiih sebelumnya :D

    http://ipehiji.com

    ReplyDelete
  2. Hi Alifah, salam kenal dan terima kasih kunjungannya. Silahkan contek resepnya untuk posting di blog kamu, tapi jangan lupa cantumkan link blog saya sebagai sumbernya ya :-)

    ReplyDelete
  3. Assalamu''alaikum
    jika nenas gak ada,, bsa gak wortelnya dtmbah jd 225 gram?, dan baking soda jadi 1 sendok krn baking powder gak ada?, serta bisa gak jeruk lemon dganti dg jeruk nipis?.. terimakasih banyak atas jwbanny

    ReplyDelete
  4. Waalaikumsalam,

    Saya gak pernah coba modifikasi resep di atas dengan seperti yang kamu tulis itu, jadi tidak tahu hasilnya akan jadi gimana kalau nenas dan baking powder ditiadakan dan jeruk lemon diganti dengan jeruk nipis.

    Selama ini dengan resep di atas selalu berhasil, kalau sudah berhasil dan cocok di lidah saya dan keluarga .. saya cenderung untuk tidak utak atik resep. Kalau kamu mau bereksperimen silahkan saja. ..semoga berhasil ya.

    Salam,
    Sari

    ReplyDelete
  5. wahhh baru denger tuh cake wortel..kayanya selain enak bervitamin juga, jadi pengen coba resepnya..makasih ya mba ;)

    ReplyDelete

No spam comments! .