Gardening and list of some common Asian ingredients in English

Udah musim semi sekarang, waktunya gw buat nanem lagi. Nasib..nasib.. setiap tahun musti nanem buah-sayuran dari mulai biji lagi secara kalo pas winter pasti mati. Sekalian gw nulis bumbu dapur umum masakan Asia dalam bahasa Inggris. Sebenarnya ide ini muncul dari statistik blog gw, dah lamaaaaa banget,ada yang nyampe ke sini dengan keyword "bumbu dapur Indonesia bahasa Inggris". Mungkin dia bisa nyampe ke blog gw karena waktu itu gw tulis bumbu2 dapur punya Scott buat masakan India dan Mexico.
Image credit : google.com
Di Spanyol rempah2 susah didapat, udah mana gak lengkap, dibilangin dalam bhs Inggris pada gak ngerti, so..gw musti translate tuh bumbu2 dapur ke bhs Spanyol...ampuunn ribet bener dech. Di supermaket Cina juga paling jualnya kayak bihun, mie, kecap, bakso, ikan teri. Kalo pun ada yang jual cabe, kunyit, lengkuas, sereh, jahe .. duh..mahalnya, lebih baik nanem sendiri aja dech. Untungnya pas kemarin mudik gw bawa beberapa sereh, kencur dan teman2nya itu, langsung lah ditanam..lumayan kan kalo butuh tinggal ambil aja.


Tomat-tomat gw sehat  banget .. gak sabar pingin metik , sayang masih hijau :-)
Tanaman tomat-tomat di pot di rumah Granada - Spanyol

Mawar - mawar di taman bermekaran..indahnya musim semi :-)

Tanam tomat dari biji yang dikeringkan, sederhana cuma taruh di pot aja, yang penting tanahnya bagus, rajin dipupuk dan disiram tentunya..gampang banget. Rasanya lebih puas makan buah hasil tanaman sendiri :-)

Senangnya liat tanaman gw tumbuh subur :-)
Sayangnya lahan di rumah buat bercocok tanam gak luas,taman di rumah sebagian besar udah habis dipake buat tanaman bunga2an. Jadi akhirnya gw nanem tomat, paprika, cabe, alpukat, di pot2 aja, ada sekitar 60 pot. Ada juga sich tanaman yang langsung di tanah di taman, kayak peach, fig, pear, melon, almond, seledri, daun bawang, daun salam, parsley, rosemary, thyme, basil, oregano, mint dll.

Paprika tanam di pot-pot aja, sebagian ditaruh di teras dan tangga
Pot-pot tanaman gw taruh berjajar sepanjang tangga 


Hore..tanamanku mulai berbunga semua. 

Bunga-bunga cabe (bakal cabe) mulai tumbuh.





Akhirnya tumbuh buahnya. Paprika dan cabe sepanjang tangga..capek nyiramnya hehe

Yach nanem di pot jadi juga lah, gak punya lahan luas bukan alasan untuk gak berkebun kan. Tergantung niatnya, nanem tanaman kan bisa di mana aja, bekas kaleng susu, bekas galon air mineral, bambu atau ban bekas jadi juga kok.

Tanaman terpenting gw adalah cabe merah. Sebagai penggemar berat cabe, dan orang yang tidak bisa makan tanpa saos / sambal..ini masalah pertama gw pas nyampe sini. Saos sambal "Dua belibis" yg super pedes ukuran botol gede cuma bertahan 2 bulan doank ...hehehe..soalnye Scott juga ternyata doyan. Padahal itu udah irittttt banget.


Dulu banget Scott pernah nanem cabe, tomat, melon dll. Dia kebenaran juga nyimpen tuh cabe2nya, diikat ke benang, dikeringin, digantung aja jadi pajangan dapur gitu. Iseng2 gw ambil tuh biji2 cabe, dan berbekal tanah, pupuk dan bji2 cabe gw nanem dech. Alhamdulillah ..numbuh. Sejak itulah gw ketagihan nanem.

Pindahin tanaman cabe kecil-kecil ke pot besar

Cabe2 gw pedesnya nendang bo'..dah kayak cabe Indonesia dech. hmmm ..sedapnya gw bisa nyambel tiap hari, sayang nyambel gak bisa pake terasi gw..karena baunya yg tajem itu lho.. Scott gak suka, lagian bisa diprotes tetangga gw. Scott senengnya makan cabe yang dibuat asinan, alias direndam dalam cuka. Buseett lebih doyan cabe dia ternyata ...hehehehehe. Eit satu lagi ..ntah gw apa Scott makan semangka, buang bijinya di pot ..eh..gak tahunya numbuh juga tuh semangka.

Pedesnya nendang :-D
Laurel (daun salam), rosemary, thyme,oregano, mint dll di teras
Oh ya pas kemarin kita di Indo, Scott bawa pohon zaitun - olive tree dari Scotland. Untung banget gak ada masalah pas di bandara, langsung dech kita tanam di rumah Bedugul. Mudah2an aja cocok sama cuaca di sana. Di rumah Bedugul juga ada banyak tanaman buah kayak jambu air, jambu bangkok, mangga, pohon pisang, sama pohon kelapa.

Sebagian hasil panen cabe .. capek nanemnya, tapi puas hasilnya
Pohon olive di bedugul - Scott bawa dari Scotland
InsyaAllah tahun depan kita balik lagi .. mo nanem lebih banyak lagi kayak jagung, kacang2an dll. Sama kayak tetangga di sini, tetangga kita di Bali juga suka ngasih sayuran, buah, bahkan gak kira2 ngasih pohon, tanaman ke kita..duh senangnya. Rumah jadi semakin hijau :-)

Taman rumah kita di bedugul-bali 







Senang sekali rasanya melihat tanaman yang kita tanam berbuah, liat prosesnya, makan buahnya..wah gak bisa digambarkan dengan kata2 ..halah :-D Udara lebih segar dan bersih karena banyak tanaman, rumah jadi lebih cantik, kapan aja butuh tinggal ambil di taman, hemat karena gak perlu beli, dan keseimbangan hidup juga..lupakan internet/TV hal2 yang berhubungan dengan duniawi dan kembali ke alam, mensyukuri dan memelihara alam ciptaan Allah.


Kebenaran hobi kita sama, suka nanem apa aja, gak tanaman buah, bunga, kaktus ..apa aja dech. Kalo pas belanja tanaman gak tanggung2 kita, bisa 2 gerobak, mobil aja ampe penuh. Dan bisa ngabisin waktu lamaaaa banget nyari2 tanaman, muter2 dari toko satu ke toko yang lain. Top dah .. enaknya kalo punya hobi samaan gini dech.


Oops ..kebiasaan banget dech, nulis blog ngelantur kemana-mana. wong mo nulis bumbu dapur kok jadi ke curhat cabe dan buah2 tropikal. Yo wiss..langsung aja dech. Ngacak nich ye nulisnye, seinget gw aje soalnya .. sorry kalo ada yg kelupaan..kalo ada kesalahan tulis atau mo nambahin, ngingetin gw ..bolehh...boleh banget :-)

Lemon basil : daun kemangi
Cardamom : kapulaga
Celery : seledri
Chilies : cabai, also called cabe or lombok
Cinnamon : kayu manis
Cloves : cengkeh
Coconut : kelapa
Coriander Seeds : ketumbar
Garlic : bawang putih
Ginger : jahe
Lesser galangal : kencur
Laos (lengkuas) : galangal
Lemongrass : sereh / serai
Nutmeg : pala
Palm sugar : gula jawa
Screwpine leaf : daun pandan / pandan leaf
Peanuts : kacang tanah
Pepper : merica
Salam leaf : daun salam / bay leaf
Star anise : pekak / bunga lawang
Tamarind : asam jawa
Shallot : bawang merah
Leek : daun bawang
Lime leaves : daun jeruk
Lime : jeruk nipis
Kaffirlime : jeruk purut
Cumin : jinten
Candlenuts : kemiri
Turmeric : kunyit
Fingerroot : temu kunci
Shrimp paste : terasi
Sweet soy sauce : kecap manis
Soy sauce : kecap asin
Fish sauce : kecap ikan
Dried shrimp : udang kering / ebi
Salted radish : tongcay
Tapioca flour : tepung tapioka
Rice flour : tepung beras
Flour : tepung
Bread crumbs : tepung roti
Corn flour : tepung maizena