Gaya bahasa gaul ABG sekarang

Hi..teman2, mumpung suami dan anak-anak lagi tidur, gw mo nulis blog ah...jam 2 pagi gitu loh, jelas aja udah pada ke alam mimpi..hahaha. Kali ini gw mo ngomongin ttg bahasa yg dipake ABG (Anak Baru Gede).

Kepikiran nulis ini gara2nya chatting sm ABG yang ampun.. males dech, nulis pas chatting di singkat2 gitu. Entah gw-nya yang gak gaul apa karena udah ketuaan kali ye, gak pantes aja pake bhs anak muda jaman skr..hehehe (psstt..tahun depan usia masuk kepala 3 nich ..hikss)..tuir..tuirrr..


Selain karena chatting dgn seseorang dgn bhs planet, gw sering ketawa sendiri kadang2 kalo lagi pas baca status fb ABG atau gak pas blog walking, liat tulisan2 aneh yang pastinya gak ada di kamus bhs. Indonesia.


Kalo cuma kayak pakai (pake), bapak (bokap), sorry (sori), friend (fren), swear (suer), saya (akuh, sayah, dakuw, gw, gue, w) ,tidak (g,gak,gag,kagak), dong (donk, duong,dunk,dunkz), atau bahasa yg agak "melambai" seperti akika tinta mawar macarena - saya tidak mau makan..mah masih mending, gw masih ngerti.


Yang berikut ini langsung bikin kepala nyut-nyutan, misalnya aja nich : logh, bangeth, maksut, mixticj, 3 taun quw mnikah, ujian skul , mksdx eikeh g bgitu bow, lope yu cyank, So what gt lhoch, chuphuw bgat d lhoe.


Lebih2 lagi kalo udah pas abjad campur angka, kalo gak hurup kapital campur hurup kecil gitu .. pada capek gak sich tangannya ngetik hurup besar kecil gitu, kalo gak hurup diganti2 angka kayak a - 4, e - 3, g -9 , kata yg disingkat2, misalnya :
u 949 94ul n3h,
k0oc4K bEuDddd,
KLuargaQ adlh yg trPntg,
NMun,ap yg tlah dy lakukan it..
Bner2 dh q angGP mNGNJAK2 hrGa driQ,
tKdaNg b'gaNk iTu ad ga eNk'y jg yK..???
tp mU gMn Lg..udH kLopP'y ma mRk,,,
kg peduLi dagH.
t'sEraH ap kT oRg,,, mU g'sUka,,ll'feel,,mU juTek,,n' bLa..bLa..bLa..


Kalo sms-an sich masih mending, kan dihitung per karakter, lha kalo nulis blog atau nulis status di fb kan gratis.. jadi bingung aja baca singkatan2 ABG yg TIDAK disempurnakan. Biasanya pas baca tulisan kayak gitu otomatis gw langsung men-visualisasikan tampang muka pas dia ngomong bahasa planet kaya gini. Kalo kalimat pendek sich masih mending, kalo satu paragraf atau blognya begitu semua cara nulisnya, males dech bacanya.

Oh ya, ada yg lebih parah lagi, setidaknya menurut gw lho.. (ejaan yang TIDAK disempurnakan anak2 ABG masih bisa dimaafkan), tapi kalo misalnya kayak : yaaollooo (ya Allah),wah yang ini mah menurut gw gak boleh banget.


Kita aja sebagai manusia kalo denger nama kita salah sebut gak suka, ini malah mempermainkan nama-Nya, ada juga yang bilang lamlekummm (assalamu'alaikum wr wb), ada juga yg pelit banget kata, cuma nulis 3 hurup: ass , ngasih salam koq kayak gini, ampun dech, gak sopan nich.. artinya jorok kan ye bo ..hehehe.
Image credit : google.com

Tapi eh, bukan ABG kita aja sebenarnya yg suka nyingkat2 kata, dan menemukan kata2 ajaib baru. Orang2 asing diluar Indonesia banyak juga yang begitu. Gw ngomongin bhs Inggris aja ya, soalnya gak tahu kalo bhs Jerman, Belanda, Prancis, Rusia, dll.. ada juga yang disingkat2 kayak gitu. Mungkin kalo ada temen2 yg tgl di negara2 yg gw sebutkan diatas bisa kasih info.


Untuk bhs Inggris misalnya : what (wot) , whatever (watevah), have got to (gotta) ,got you (gotcha), ache (ake), friend (fren), island (iland), before (b4), honey (hunny), wouldnt (wudnt), never (nevah), skater boy (sk8er boy) - salah satu judul lagunya Avril Lavigne, etc.


Contoh lainnya lagi : What is up? (Wassup?), Did you see it? (Di'ja see it?), Why didn't you call me? (Why dincha call me?), Aren't you finished yet? (Arncha finished yet?), How is it going? (Howzit goin?),dude..yew hav a rli hot gf, uhh.. ye dnt even no me so dnt fukn say shit bout me, ok?!, wat r yu gna do bout it, etc.


Kalo penulisan jadi kayak penyebutan gimana nanti misalnya : two,too,to apa iya jadi ditulis "tu". Trus misalnya write, right, rite, wright semuanya jadi "rite". Dan plain and plane ditulis "plane". sementara four,for, fore ditulis "for", eight and ate jadi eit. Hmmm..kacau!


Ini salah siapa sebenarnya, tata bahasa Indonesia dan Inggris jadi amburadul kayak gini ? Norak, biar keliatan gaul, keren, kreatif, pengen diperhatiin , kurang kerjaan atau fenomena apa yach ? Bingung liat ABG jaman skr ejaannya kacau banget. Masih keinget, bahasa adalah cermin bangsa, begitu kata-kata sakti dari guru bahasa Indonesia gw dulu di sekolah.


Gw pribadi, kayak pas nulis blog ini juga bhs Indonesia gw gak bener2 amat sich nulisnya.. kayak mo - mau, gak - tidak, yach - ya dll. Tapi gak sampai membingungkan banget kan pake tambahan hurup z, x, och, ough, abjad campur angka atau kapital campur hurup kecil, dll.


Maaf kalo ada temen2 yg tersinggung yach, gw bukan pakar bahasa, atau sok mengkritisi bahasa ABG, Cuma berhubung gw dulu sebelum nikah ngajar bahasa Inggris di perusahaan2, dan ngajar bahasa Indonesia buat expats, makanya gw jadi perhatian sm hal2 yg berkaitan dengan bahasa. Begitchuuuu..


Buat temen2 yg mo iseng coba2 bhs-nya ABG, bisa ke sini ABG text generator, tulis apa saja, bisa di rubah2 jadi HuRUf bEsAr keCil, 4k3 4n9k4 D0n9, atau Disngkt-sngkt biar pndk.

Dagh dlu akh, ngntux jga nich , tnyata bhasa gaul gax enakxz riywet andzz pala jd puzing mkrinz kata dsingkat2 , walpun yg gw tulis di ats itu mci biaca cihhzzzz tpii klo anakkxzz ABG zaman cekarangg lebih bkinx puzinggg booo ..halahh..sok gaul banget nich Sari ... hahaha..