Lubang-lubang raksasa di dunia

Share

Lubang raksasa yang terbentuk tiba2 di Guatemala city ini diduga karena banjir dan tanah longsor akibat topan tropis Agatha dan letusan gunung berapi yang melanda negara tersebut beberapa hari sebelumnya. Fenomena tanah ambles mendadak ini terjadi di seluruh dunia, foto2 dibawah membuktikan bahwa fenomena ini bukan yang pertama kalinya terjadi. 

Ada banyak dugaan penyebab terjadinya sinkhole (lubang raksasa) ini. Lubang bumi yang menganga ini bisa diakibatkan tekanan terhadap permukaan tanah yang terjadi ketika sebuah lapisan bawah tanah melemah dan tak mampu menopang struktur lapisan diatasnya. Tapi bisa juga ini terjadi dikarenakan pemompaan air tanah secara berlebihan, konstruksi bangunan modern, dan pertambangan,diduga bisa mempercepat proses sinkhole. 

1. Ini foto sinkhole di Guatemala 31 May 2010. Setidaknya dilaporkan 150 orang meninggal dalam tragedi tersebut termasuk satu bangunan bertingkat tiga. Dilihat dari foto kayak gak ada dasarnya, seperti pintu menuju ke dalam inti bumi. Apakah ada kehidupan lain di bawah sana ? Ahh..kebanyakan berkhayal gw kayaknya nich ^_^ 



2. Ini yang kedua kalinya terjadi di Guatemala, ini foto sinkhole yang terjadi pada 23 February 2007.  Gak kebayang kalo ngelongok ke bawah, kecemplung gak bisa balik ke atas!









3. Menurut info yg gw dapat di internet sinkhole sering terjadi di Florida, ini salah satu fotonya.







4. Foto berikut ini adalah Sarisarinama sinkhole di Bolivar, Venezuela. Sama namanya sama nama gw..hehe.. beneran lho, silahkan cek di mbah google kalo mo tahu lebih lanjut :-) Yang gw pikirin sekarang kalo kita masuk kebawah itu, kira2 bakal ketemu apa yach ? jenis tumbuhan, binatang yang belum kita pernah liat sebelumnya, atau mahluk lain beda dimensi/ manusia yang tertinggal peradaban mungkin gak?? Waduh...berkhayal lagi nich gw, kebanyakan baca artikel2 x-files sich :-D






5. Kalo yang ini namanya Mirny diamond mine di Siberia. Kedalaman 525 meter dan diameter atas 1200 meter. Telah ditetapkan larangan terbang di atas zona lubang karena beberapa helikopter pernah jatuh kedalam lubang tersebut...beuuuhh.. mengerikan! Coba lihat foto - perbandingan truk besar dan tambang berlian ini. Truk aja segitu, apalagi manusia ? membuktikan bahwa betapa kecilnya kita di dunia ini. 









6. Lubang ini merupakan spillway terbesar di dunia, terdapat di bendungan Monticello, California, Amerika. Digunakan apabila air sudah melebihi kapasitas waduk dan harus dikurangi volumenya. Dengan ukuran ini memungkinkan untuk mengkonsumsi 14.400 kubik air setiap detik.
  




7. Selanjutnya, foto ini dikenal dengan nama “Great Blue Hole” terletak 60 mil dari pantai pesisir Belize. Permukaan diameter lubang adalah 0,25 mil, dengan kedalaman mencapai 145 meter. Ada banyak blue hole sebenarnya, biasanya terdapat di Bahamas dan Belize. Lubang ini makin terlihat mengagumkan, disebabkan adanya elkhron karang yang tumbuh ke permukaan. Lubang ini punya dinding yang tipis sekitar 44 meter dengan formasi stalaktit. 





Konon lubang ini terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu, Blue Hole adalah sebuah gua kering yang besar pada zaman es dulu. Pada zaman es permukaan laut lebih rendah daripada sekarang. Jadi ketika zaman es berakhir, es yang ada mencair, pada saat itulah permukaan laut naik dan gua tertutup air laut hingga terbentuklah Blue Hole. Terkenal sebagai tempat favoritnya para penyelam, karena memang disana para penyelam dapat melihat stalaktit-stalaktit gua, terumbu karang, dan berbagai jenis ikan. 

Sebelumnya gw pernah nulis tentang Flaming crater in Turkmenistan, sama kerennya seperti foto2 diatas, terkenal dengan nama "the door to hell". Bisa dilihat di sini foto2nya.

Btw, udah jam 3 pagi sekarang, sebenarnya masih banyak lubang2 raksasa dunia lainnya yg gw mo tulis, tapi mungkin lain kali aja dech, secara udah 9 foto juga yang gw taro, kepanjangan postnya..hehe. Kalo lubang2 yang lain mengerikan, buat gw Blue Hole ini favorit gw, lubang ini membuat gw berdecak kagum karena kecantikannya. ..ahh..liat foto ini jadi pingin nyelem :-)



My name is Sari and I am an Indonesian, happily married to a Scottish guy. I was an English instructor back home, but now I am a work at home mom and living a simple but happy life in Spain with my husband Scott and our two boys Nico and Kian. I love blogging, reading, surfing the internet, dancing, cooking, studying languages and cultures. In here on my personal blog you will read everything about my life with my lovely family, activities, interests, thoughts, experiences and stuff that you might be interested in. Come and check out my website at http://www.widasarisaraswati.blogspot.com 3 bedroom wooden villa overlooking Lake Beratan and Bedugul valley Bali Indonesia Indo Architects Online offers architectural and design services at affordable prices Cottage Rental Granada Spain, 10 minutes from Alhambra, 25 minutes from Sierra Nevada ski resort Connect with me on Facebook

17 comments:

Boja Linuxer said...

Wahhh... luar biasa Sari.. saya malah baru tahu tentang semua ini disini... tq dah berbagi informasi... ^_^

Sari said...

sama2 Boja, terima kasih udah mampir :-)

Sari said...

Makasih Yunita buat jempolnya :-)

Vick said...

Thanks Informasi yang bermanfaat, Semoga kita dapat melihat bahwa kita hanya hamba Allah yang sangat kecil

Sari said...

Terima kasih komentarnya, semoga iman kita semakin bertambah, kita diingatkan bahwa semua yang ada di langit dan bumi adalah milik Allah.

ABANG GEUTANYO said...

ah keren..hebat banget mba wida..
salam abang

abang geutanyo said...

Luar biasa indahnya dan menakjubkan sekali....

salam abang

Sari said...

makasih Abang sudah mampir ke sini dan komentarnya :-)

Salam kompasiana!

Abang Geutanyo said...

Wah mengerikan sekali fenomena itu Ya..? Pertanda apa itu mba Wida..Kalau dipadukan antara Ilmu agama dan ilmu pengetahuan apakah bisa disebut tanda alam ini pertanda bukti Kekuasaan Allah?..
Mohon share nya..
salam abang

Sari said...

Memang mengerikan bang, menurut para ahli ilmu pengetahuan mungkin kejadian ini tidak ada hubungannya dengan agama, dalam hal ini tanda-tanda akhir jaman. Terjadinya lubang bumi tiba-tiba adalah proses alami, yakni ketika sub-permukaan batuan/tanah larut dan membuat rongga bawah tanah. Peristiwa ini sering terjadi di mana batuan di bawah permukaan tanah adalah batu gamping, dolomit, batuan karbonat, atau jenis batuan yang dapat secara alami dihanyutkan oleh sirkulasi air tanah.

Dan seperti yang saya sudah jelaskan di atas, penggunaan lahan yang tidak mendukung resapan air, pemompaan air tanah secara berlebihan, konstruksi bangunan modern, dan pertambangan yang dilakukan oleh manusia, dapat mempercepat terjadinya lubang-lubang ini.

Tapi kenapa banyak terjadi akhir-akhir ini ? seperti di Guatemala sekitar mei 2010, dan ada lagi di cina bulan juni 2010 ( http://ruanghati.com/2010/06/13/foto-lengkap-dan-penjelasan-munculnya-lubang-raksasa-dimana-mana/ ) Sepakat dengan yang Abang bilang, ini pertanda bukti kekuasaan Allah, dan kita sedang ditegur untuk lebih memelihara lingkungan, mencintai bumi, dan lebih disadarkan bahwa Allah bukan hanya Maha Besar, tapi juga Allah Maha Berkehendak.

de dars said...

wiiih seyem juga ya... jadi inget, kemarin pas ngebor tanah buat bikin saluran pipa air jet pump (kurang lebih kedalaman 30m) air disamping pipa bor langsung ambles habis cepet banget...tukang airnya juga kebingungan dengan kejadian itu, tapi ga lama tiba2 air dari dalam langsung balik alias muncrat keluar (hanya sekali saja)... ih serem, takutnya dibawah rumah gw ternyata palung besar bisa berabe klo tiba2 ambles kaya foto diatas...Mudah2an ga terjadi kayak foto diatas.. Amin..
Thanks infonya, good artikel. Bagus buat nambah ilmu.

Sari said...

Aduh ngeri juga baca pengalaman loe De Dars, gw doain mudah2an dibawah rumah loe gak ada palung besar, jadi gak ambles kayak foto di atas..amin.

Makasih udah mampir baca2 yach :-)

Anonymous said...

so beautifull...

Sari said...

@ Anonymous : Thanks for the comment :-)

satmata said...

Salah satu adl tempat penjara bagi Yajuj Majuj.......hemmm,kiamat emang sudah dekat

Anonymous said...

apakah itu btul ?

Sari said...

@ Anonymous : Maaf..tanya ke siapa ya? ke saya-berkaitan dengan artikel di atas? atau ke komentator sebelumnnya-mengenai Yajuj Majuj ?

Kalau mengenai artikel saya, silahkan lihat videonya di The World's BIGGEST HOLES : http://www.youtube.com/watch?v=fiW4gnaqCv4

atau baca artikel dengan topik yang sama dalam bhs. Inggris di http://thefortuno.com/7-biggest-holes-in-the-world/

Post a Comment

No spam comments! All comments must be relative to the blog post.