Jangan pernah menyia-nyiakan makanan/minuman dan tips dapur

Berterima kasih kepada Allah untuk makanan dan air yang kita miliki dan bisa kita dapatkan dengan mudah. Foto2 dan video2 penderitaan anak2 di bawah ini semoga menjadi pengingat bagi diri gw pribadi dan teman2 supaya kita lebih peka terhadap penderitaan di dunia sekitar dan tidak dibutakan oleh sifat mementingkan diri sendiri.

Ketika kita mengeluh karena rasa makanan/minuman yang gak enak atau mengeluh hanya karena masalah sepele, ingatlah foto2 ini, kita masih jauh beruntung dibandingkan mereka. Kita masih bisa memilih makanan/minuman, tapi lihat mereka yang tidak punya pilihan. Mari kita berdoa, semoga saudara2 kita yang kurang beruntung ini diberi kekuatan, diringankan dari penderitaan dan berada dalam lindungan Allah dimanapun mereka berada.

Mari bantu mereka yang kekurangan..dimulai dari negara kita sendiri.. lingkungan kita, tetangga, saudara.. mari kita saling mengingatkan teman2 demi lepasnya penderitaan dari dunia ini. Silahkan disebarkan semoga bisa membuka lebih banyak mata dan hati orang2 untuk membantu saudara2 kita yg kurang beruntung.

Berikut foto2nya :











Ini video yang selalu membuat gw menangis setiap kali nonton, membuat kita sangat mensyukuri dengan apa yang kita punya saat ini :




Satu video lagi yang membuat hati gw trenyuh ngeliat anak2 kecil kegirangan dapat makanan bekas dan berdoa sebelum makan untuk mensyukurinya :



Gw inget pesen nyokap waktu gw kecil sampai sekarang, kalo makan harus dihabisin, jangan disisain nasi sebutir pun, karena nanti pak taninya nangis.

Sejak itu yang gw inget kalo mo makan :
- Jangan lupa mengucap syukur
- kalo lapar, makan secukupnya jangan sampai kekenyangan,
- ambil secukupnya, jangan berlebihan, jangan cuma dicolek dikit, terus sisanya dibuang
- bila punya makanan lebih, bagikan kepada yang membutuhkan
- pokoknya kalo makan gak pernah ada sisa lagi

Kalo makanan gak habis toh bisa :
- disimpan di freezer untuk lain kali pas lagi gak sempat masak, hemat energi pula - sekali masak untuk 2 kali makan
- disimpan di kulkas kan banyak makanan yang justru lebih enak dimakan besoknya
- daur ulang dengan tambahan bahan2 lainnya (berhubung kandungan gizi sudah berkurang karena pemanasan makanan berkali2, kita atasi dengan menambahkan sayuran segar sehingga kandungan gizi tercukupi kembali)

Ini ada beberapa tips menyimpan bahan makanan atau tips dapur yang gw terapin sehari2 sebagai ibu rumah tangga, gak ada maksud menggurui, sekedar berbagi buat yang belum tahu. Untuk ibu2 RT yang lain monggo bu kalo mo nambahin tips, semoga berguna.

Pisang
banyak pisang matang, kupas kulitnya, masukin plastik trus simpen di freezer. pas butuh, keluarin sampai gak beku, masukin ke blender, haluskan buat bikin cake, roti atau bisa dicampur mangga, jadi smoothie.

Jeruk lemon dan limo
biasanya kalo beli banyak sebagian gw peres, masukin cetakan es. Pas butuh dikit gampang, misalnya buat soto, bumbu kacang tanah, lemon tea. Kulitnya disimpen juga, masukin freezer, pas beku gampang diparut buat bikin lemon cake.

Wortel
kalo beli kebanyakan sebagian potong (kotak kecil, ukuran korek api, bulat) : buat campuran sop, nasi goreng, mie goreng, oseng2. Masukin freezer, pas butuh cepet udah siap pakai.
Kian suka banget sama wortel, Nico gak, jadi biasanya gw akalin saus lasagna gw masukin wortel dan tomat yang sudah dihaluskan.

Paprika
kalo butuh separuh, batang sama isi dalamnya gak dibuang, segar lebih lama dibandingin kalo dibuang, bungkus plastik. Gw jarang beli karena nanem di rumah.

Alpukat
Kalo butuh separuh, simpan sisa separuhnya lagi beserta bijinya, bungkus plastik. Buat matengin alpukat, biasanya gw simpan di karung beras.

Yoghurt
kalo beli yoghurt ukuran jumbo (500 ml - 1 liter) suka gak habis, sebagian gw masukin ke cetakan es krim, trus simpan freezer buat es krim anak2. Bisa juga buat campuran smoothie dan juice. Atau kalo yang natural buat bikin kari, gantinya santan.

Juice buah asli 100 %
Kalo minum juice gak habis, suka masukin cetakan es krim juga jadi es lolly-nya anak2. Daripada beli ice lolly yang gak jelas bahan pewarna dan pengawetnya gitu, kalo 100 % jus alami kan dijamin sehat dan hemat. 

Roti
Jemur sampai kering, hancurkan buat breadcrumbs/tepung panir, simpan di freezer : buat bikin chicken nugget, crumble topping, campuran untuk bola2 daging cincang.

Bisa juga, kasih mentega trus taburin gula pasir, panggang di oven suhu rendah sampai kering, jadi dech cemilan murah meriah.

Atau roti dikasih olive oil, bawang putih dan parsley cincang, potong kotak kecil,panggang, jadi dech homemade croutons buat temen makan sup

Kentang
kentang rebus: iris tipis2 buat campuran omelette atau hancurkan buat Shepherd pie topping

Nanas 
sisa nanas masukin blender haluskan, masukin cetakan es. Ambil secukupnya buat melunakan daging, rendam semalam, daging dijamin empuk.

Iris kecil2 panjang buat bikin chicken kungpao, campuran smoothie.

Minyak zaitun 
untuk temen makan roti, salad dan tumis, biar lebih harum dan lebih mantap rasanya, botol nyimpen virgin olive oil gw kasih beberapa bawang putih yang digeprek, trus daun salam. Makin lama direndam bareng, makin meresap dan enak rasanya.

Seledri, daun ketumbar, mint dan parsley
potong2 campur air trus tuang ke cetakan es, simpan di freezer buat campuran sup dan casseroles. Untuk mint bisa masukin ke teh hangat atau campur dengan lemon juice.

Santan
masukin cetakan es dan pake seperlunya buat masak

Ayam panggang
iris tipis buat campuran salad atau sandwich. Sisa ayam beserta tulangnya direbus, buat kaldu untuk sup.

Buah strawberi
utuh2 taro di piring kecil terpisah, masukin freezer, setelah lumayan beku, baru masukin plastik, buat topping crumble, smoothie, jus, temen makan cereal, dan es krim.

Buah Cheri
Buang bijinya, masukin plastik, simpen di freezer. Bisa buat campuran dessert atau direbus dengan gula pasir, jadi selai atau untuk olesan black forest cake.

Keju
ada sisa, parut keju, simpen di freezer buat taburan lasagna, makaroni schotel, shepherd pies, kue kering atau saus keju.

Sisa sayuran
sayuran apa aja yg tinggal dikit di kulkas, misalnya wortel, brokoli, tomat, seledri, bikin sup trus dihalusin pake blender, makan pake roti dech.

Cabe dan sereh
biasanya gw nanem pas musim semi, banyak banget biar buat bekal musim dingin juga. masukin plastik, masukin freezer. 

Jahe
berhubung jahe di sini lumayan mahal dan cepet keriput kalo taro di luar, biasanya gw potong2, masukin freezer. Ambil secukupnya pas butuh.

Sisa rendang 
bisa dipake buat campuran isi pastel atau roti isi daging.

Ke supermarket atau pasar
- Selalu bawa catatan, biar tahu apa yang dibutuhkan dan beli seperlunya aja, jadi gak perlu kalap pas belanja
- Dan sebelum belanja usahakan sudah makan, biar lebih hemat lagi uangnya gak dipake jajan sembarangan
- Jangan lupa bawa tas belanjaan dari rumah, soalnya di beberapa supermarket sini kantong plastik gak gratis, tapi dijual harga sekitar 10 cents untuk plastik kresek dan 50 cents untuk kantong belanja.





Masak dalam jumlah besar
kalo ada sisa kari, spaghetti, chili con carne atau apaan aja tinggal masukin tempat makan, simpen di freezer. Pas butuh cepat tinggal panasin di microwave, dibanding beli makanan di luar atau siap saji. Hemat tenaga, waktu dan gak ada masakan sisa. 


Semoga tulisan ini bermanfaat buat teman-teman yang baca ya :-)

Salam,
Sari