Stimulasi motorik kasar dan halus untuk bayi dari usia 7 - 9 bulan

Masih teringat rasanya ketika Anda membawa pulang bayi mungil Anda "yang tidak berdaya" dari rumah sakit. Seiring dengan berjalannya waktu, pemberian menu makanan yang sehat seimbang mengandung gizi dan stimulasi yang diberikan Anda untuk proses tumbuh kembangnya, si kecil sekarang memasuki hal baru yang sangat penting dalam hidupnya, yakni merangkak dan belajar berjalan.

Kemampuan merangkaknya di usia ini semakin meningkat, bayi Anda semakin aktif dan membutuhkan banyak ruang untuk menjelajah kesana kemari mengenali lingkungan sekitarnya. Lindungi si kecil dari bahaya-bahaya yang mengintai seperti perabot rumah tangga yang tajam, pernak-pernik kecil berbahan gelas atau logam yang mudah dijangkaunya. Saat ini bayi sedang tertarik pada semua hal dan mulai memasuki fase mengambil, membuang dan memasukkan apa saja ke mulutnya.

Image credit : askamum.co.uk
Diusia 7 - 9 bulan, tahap perkembangan motorik kasar pada anak ditandai dengan kemampuan untuk mulai merangkak, berdiri dan berjalan. Sedangkan untuk motorik halusnya ditandai dengan kemampuan anak untuk meraih, menggenggam dan menjatuhkan sesuatu.Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan perkembangan bayi Anda, terus berikan stimulasi dengan permainan-permainan yang disesuaikan dengan usianya.

Di bawah ini adalah berbagai stimulasi yang dapat Anda coba berikan pada bayi Anda :

Usia 7 bulan

Stimulasi motorik kasar :

Beberapa bayi sudah mulai merangkak pada usia ini, walaupun pada umumnya kemampuan merangkak dapat dilakukan bayi di usia 8-10 bulan. Tidak semua bayi melalui tahapan kemampuan merangkak karena merangkak bukan suatu kepandaian dan keharusan dalam suatu proses tumbuh kembang bayi. Bayi yang tidak melewati tahapan ini mungkin kemampuannya langsung meningkat ke tahapan berdiri dan berjalan.

Bayi Anda saat ini mulai senang mengangkat, menurunkan bokong serta punggungnya dan menggoyangkannya ke depan dan ke belakang. Untuk menguatkan otot leher, lengan, paha, perut dan pinggang bayi, berilah cermin di depannya,bayi senang melihat dirinya tersenyum di cermin.

Jika bayi Anda belum bisa melakukan hal ini dan Anda ingin menstimulasinya untuk merangkak sebaiknya sering meletakkanya di karpet atau lantai yang bersih. Berikan rangsangan dengan cara menggulung handuk mandi yang besar menjadi sebuah "sosis" dan letakkan di depannya. Dengan lembut pegang lengan bayi dan arahkan sikunya untuk berada di depan gulungan handuk, dan tubuh bagian atas bayi Anda berada di bawah gulungan handuk tersebut (bukan perutnya).

Pastikan sikunya menyentuh lantai, tidak menggantung. Letakkan mainan favoritnya atau Anda bisa ikut berbaring di depannya sambil memberikan semangat. Usahakan agar bayi Anda bertahan lama dalam posisi ini, stimulasi ini dapat melatih keseimbangan tubuhnya, sekaligus menguatkan otot lengan dan kakinya. Jika dilakukan secara benar, bersiaplah karena si kecil akan dapat bertumpu dengan kedua lutut dan lengan yang lurus, siap untuk merangkak!

Stimulasi motorik halus :

Perbanyak kesempatan si kecil untuk duduk sendiri, mengambil dan memasukkan makanan ke mulutnya. Rangsangan ini selain memperkuat otot punggung dan bahunya, juga melatih keterampilannya dalam menjumput dan menggenggam. Sediakan finger food seukuran genggaman bayi, misalnya wortel rebus atau biskuit bayi khusus untuk masa tumbuh gigi (teething).

Sebaiknya di usia ini juga perkenalkan bayi dengan cangkir minuman plastik berwarna yang memiliki dua gagang, biarkan bayi menggenggamnya dan belajar minum sendiri. Jangan tinggalkan bayi sendirian, jaga jangan sampai bayi Anda tersedak dan bantu apabila si kecil menjatuhkan cangkir minumnya. Baca buku berwarna bersamanya dan biarkan bayi Anda mencoba membolak-balik halamannya, atau berlatih tepuk tangan sambil mendengar lagu, rangsangan ini akan menguatkan otot-otot lengan dan jari-jarinya.


Usia 8 bulan


Stimulasi motorik kasar :

Saat ini bayi Anda sedang belajar berpindah tempat. Merangkaklah bersama bayi Anda, kegiatan ini menyenangkan sekaligus dapat melatihnya menyeimbangkan berat tubuhnya. Cobalah bersembunyi di belakang sofa dan beri semangat untuk “menemukan” Anda. Rubah rumah Anda menjadi tempat bermain yang menyenangkan untuk bayi Anda.

Beri rintangan atau buat jalan yang berliku dengan cara penuhi ruangan dengan barang-barang yang dapat digunakan bayi Anda untuk merangkak atau berguling di atasnya, di bawahnya atau mengelilinginya untuk memperkuat ototnya.Rangsang bayi untuk dapat menarik tubuhnya ke dalam posisi berdiri dengan memberi meja atau bangku yang rendah.

Sering-seringlah berdirikan bayi di pangkuan Anda untuk melatih kekuatan kakinya menahan berat tubuhnya. Pegang kedua pinggang bayi dan gerakkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri untuk melatihnya berdiri. Bayi akan bersemangat dan menghentakkan kaki-kaki kecilnya ke paha atau bahkan berusaha melangkahkan kakinya untuk berjalan di dada Anda. Bersiaplah, begitu "pull up game" ini dimulai, si kecil jarang mau berhenti.

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/stimulasi-motorik-kasar-dan-halus-bayi-usia-7-9-bulan




My name is Sari and I am an Indonesian, happily married to a Scottish guy. I was an English instructor back home, but now I am a work at home mom and living a simple but happy life in Spain with my husband Scott and our two boys Nico and Kian. I love blogging, reading, surfing the internet, dancing, cooking, studying languages and cultures. In here on my personal blog you will read everything about my life with my lovely family, activities, interests, thoughts, experiences and stuff that you might be interested in. Come and check out my website at http://www.widasarisaraswati.blogspot.com 3 bedroom wooden villa overlooking Lake Beratan and Bedugul valley Bali Indonesia Cottage Rental Granada Spain, 10 minutes from Alhambra, 25 minutes from Sierra Nevada ski resort Penthouse Granada Connect with me on Facebook

No comments:

Post a Comment

No spam comments! .