Cara menyiapkan dana pendidikan untuk anak.

Jika Anda adalah orang tua yang memiliki anak kecil atau pasangan yang baru saja menikah dan berencana dalam waktu dekat untuk punya anak, mungkin Anda sudah memperkirakan mahalnya biaya pendidikan yang harus disiapkan ketika anak Anda memasuki perguruan tinggi.

Merupakan hal yang wajar apabila orang tua menghendaki pendidikan yang terbaik bagi anak - anaknya. Biaya pendidikan selalu meningkat setiap tahunnya dan jika Anda tidak mempersiapkan hal ini sebelumnya, maka Anda dapat mengalami masalah keuangan di masa depan.

Terlebih lagi apabila Anda berencana untuk menyekolahkan buah hati Anda di sekolah yang memiliki fasilitas yang bagus dengan kurikulum berstandar internasional yang dilanjutkan dengan kuliah ke luar negeri, tentu dana pendidikan yang akan Anda keluarkan akan semakin besar.

Pendidikan anak sangatlah penting karena hal ini merupakan investasi yang dapat menjamin kesuksesannya di masa depan. Ilmu adalah jendela dunia, pendidikan yang tinggi dapat menghasilkan generasi penerus yang handal dan merupakan modal bagi anak Anda untuk membuka semua peluang untuk meraih cita-citanya.

Jadi jangan tunggu lagi, segera mulai sekarang! Semakin cepat Anda menyiapkan dana pendidikan untuk anak Anda, semakin baik. Jangka waktu yang lebih panjang akan meringankan besarnya uang yang harus Anda tabung tiap bulannya. 

Simak tips beberapa tindakan di bawah ini yang sebaiknya dilakukan dalam mempersiapkan dana pendidikan anak Anda :

1. Buat daftar sekolah yang diminati untuk pendidikan anak.
Buatlah daftar beberapa sekolah yang berkualitas baik tapi yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda untuk membiayai pendidikan anak.

2. Hitung prediksi biaya pendidikan anak dari TK sampai perguruan tinggi
Walaupun sulit untuk mengetahui berapa jumlah dana yang pasti harus dikeluarkan untuk pendidikan anak Anda kelak, cobalah untuk menghitung prediksi biaya dari mulai pendidikan usia tingkat TK sampai perguruan tinggi. Caranya dengan mencari informasi biaya masuk atau uang pangkal ke masing - masing tingkat pendidikan di sekolah untuk anak yang diminati. Misalnya saja biaya masuk anak ke TK, apabila saat ini sekitar 5 juta, maka dengan asumsi kenaikan dana pendidikan sebesar 10 persen setiap tahunnya, maka dalam 4 tahun lagi kelak akan menjadi 8 juta dan begitu seterusnya.
Image credit : fatwallet.com

Biaya yang biasanya dikeluarkan untuk pendidikan anak terbagi atas :
- Uang pangkal yang cukup dibayarkan sekali saja saat mendaftarkan anak ke satu tahap pendidikan / sekolah.
- Uang SPP yang harus dibayar secara rutin setiap bulannya atau setiap semester.
- Biaya pendukung kegiatan sekolah anak seperti pembelian buku pelajaran, seragam sekolah dan uang saku yang jumlahnya berubah - rubah berdasarkan kebutuhan usia anak.
- Biaya ekstra kurikuler yang digunakan untuk membiayai kegiatan anak di luar pendidikan sekolah seperti kursus menari, kursus bahasa asing dan lain sebagainya.

3. Disiplin untuk menyisihkan pendapatan bulanan Anda
Cobalah untuk mengatur jumlah dana atau uang yang harus disisihkan dari penghasilan bulanan Anda untuk pendidikan anak. Ketika Anda mengetahui jumlah dana yang harus Anda siapkan untuk pendidikan anak kelak, segera disiplinkan diri mempersiapkan tabungan pendidikan untuk anak. Sebaiknya Anda menyisihkan 20 % penghasilan Anda untuk dana pendidikan anak.

4. Tentukan jenis investasi yang akan Anda gunakan untuk mempersiapkan anggaran pendidikan anak Anda.
Apakah Anda memasukkannya ke dalam asuransi pendidikan, tabungan pendidikan atau investasi dalam bentuk tanah dan emas, sehingga dana pendidikan anak akan siap ketika Anda memerlukannya. Mari kita simak beberapa pilihannya :

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/bagaimana-cara-menyiapkan-dana-pendidikan-untuk-anak

No comments:

Post a Comment

No spam comments! .