Mengajar potty / toilet training ke anak

Potty training atau toilet training merupakan cara yang dilakukan orang tua untuk melatih anak balita (Bawah Lima Tahun) mereka agar bisa buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) ditempat yang telah ditentukan. Walaupun proses potty training yang merupakan perpindahan dari pemakaian popok ke toilet terkadang bukanlah hal yang mudah, orang tua harus tetap dengan sabar membimbing dan melatih anak - anak mereka.
Image credit : smartcanucks.ca

Simak lebih lanjut artikel ini yang akan membahas beberapa hal yang sebaiknya diketahui orang tua serta tips praktis berupa solusi cepat yang akan membantu pelatihan toilet untuk anak balita.

Kapan dimulai ?

Pada beberapa anak biasanya potty training dimulai ketika usia mereka berkisar 18 bulan dan otot - otot mereka sudah dapat mengontrol kerja usus dan kandung kemihnya. Banyak juga orang tua yang menunggu sampai anak mereka berusia antara 2 - 3 tahun karena lebih siap secara emosi, fisik dan psikologis di usia tersebut. Kunci keberhasilan potty training sebenarnya adalah menunggu sampai anak menunjukkan kesiapannya. Hanya anak yang mengetahui kapan ia siap dan mau untuk memulainya.


Apa saja tanda anak siap untuk memulai ?

- Anak dapat duduk tegak
- Mulai bisa belajar mengontrol kandung kemihnya misalnya dengan tanda popoknya bisa kering selama 2-3 jam
- Dapat membuka dan memakai celananya kembali
- Bisa menyadari ketika ia butuh buang air kecil atau buang air besar
- Bisa memahami instruksi sederhana


Apa saja yang dibutuhkan ?

- Potty chair biarkan anak yang memilih agar suka menggunakannya
- Dudukan kloset untuk anak - anak (pada beberapa anak terkadang tidak diperlukan potty chair)
- Beberapa potong celana yang cukup longgar dan mudah untuk dilepas


Persiapan apa yang perlu dilakukan ?
- Selain anak yang siap, orang tua juga harus siap untuk melatih potty training anak, sabar dan konsisten akan membuat proses latihan ini berhasil
- Orang tua bisa menonton video di internet bersama anak atau membacakan sambil memperlihatkan buku cerita sederhana yang menceritakan proses seorang anak kecil yang sedang berlatih toilet training. Dengan begitu si kecil akan mendapat gambaran latihan yang akan dilakukannya.



Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/mengajarkan-potty-training-toilet-training-pada-anak




No comments:

Post a Comment

No spam comments! .