Pertimbangan yang diperlukan orang tua dalam memilih sekolah untuk anak.

Keputusan paling penting kedua yang akan Anda buat sebagai orang tua, selain dahulu memutuskan untuk memiliki anak dengan pasangan, yaitu memutuskan pilihan sekolah yang terbaik untuk anak Anda. Keputusan ini sangat penting, karena dengan mendaftarkan anak di sekolah yang tepat baginya akan menempatkan anak pada jalur pendidikan yang berkualitas yang menjanjikan keberhasilan dan kesuksesan dalam kehidupannya di masa mendatang.

Jika Anda adalah orang tua yang sedang mempersiapkan anak Anda masuk sekolah, maka menjelang tahun ajaran baru adalah saat Anda untuk melakukan keputusan penting ini. Tidak semua orang tua memiliki kesempatan untuk memilih sekolah yang terbaik untuk anak - anak mereka, misalnya saja karena keterbatasan finansial, keterbatasan jumlah pilihan sekolah di sekitar rumah tinggal dan lain sebagainya. Tapi cukup banyak juga orang tua yang memiliki kebebasan dalam menentukan sekolah yang terbaik untuk anak - anak mereka karena mereka tidak memiliki masalah - masalah seperti yang disebutkan sebelumnya.

Lakukan ekspolarasi pilihan sekolah anak secara luas sebelum memutuskan pilihan yang tepat untuk anak Anda dan Anda. Simak lebih lanjut artikel ini yang menawarkan tips berupa informasi praktis hal - hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk membantu Anda membuat keputusan tentang pendidikan anak Anda.
Image credit : hastebc.org

Pertimbangan yang perlu diperhatikan orang tua dalam memilih sekolah untuk anak :

1. Hal yang Anda inginkan untuk anak Anda bisa didapatkan di sekolah tersebut.

Jika Anda menginginkan anak Anda menguasai bahasa tertentu dengan baik, maka akan lebih baik bagi Anda untuk memasukannya ke sekolah yang memang menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa pengantar di sekolah. Misalnya saja sekolah dimana para siswa dan gurunya menggunakan bahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin.

2. Hal yang dibutuhkan anak Anda ada di sekolah tersebut.

Misalnya anak Anda memiliki masalah karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya seperti keterbatasan dalam beraktivitas, ketidakmampuan mental dan emosi serta kelainan fisik yang memiliki pengaruh pada kegiatan belajarnya. Maka alangkah baiknya bila Anda memasukkan anak Anda pada sekolah khusus. Anak berkebutuhan khusus (ABK) biasanya bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB). SLB memberikan pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi anak sesuai dengan kekhususannya masing - masing.

3. Lingkungan sekolah yang tepat.

Selain karakter bawaan, lingkungan keluarga dan masyarakat, lembaga pendidikan juga memiliki
pengaruh pada pembentukan karakter setiap anak. Jika Anda menginginkan anak Anda untuk lebih religius pada agama yang dianutnya, maka Anda bisa memasukkannya pada sekolah yang berbasis agama tertentu. Begitu juga halnya dengan sekolah yang memiliki peraturan yang ketat atau longgar pada siswa - siswanya. Anda sebagai orang tua, tentu tahu hal terbaik apa yang Anda inginkan dari anak Anda.

4. Lokasi sekolah.

Untuk menghemat banyak waktu dan ongkos transportasi, sekolah yang dekat dengan rumah lebih menguntungkan. Anak bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan punya waktu untuk melakukan aktivitas lainnya sepulang sekolah. Apabila anak bersekolah di sekolah yang cukup jauh dari rumah, maka Anda harus memikirkan waktu yang terbuang karena kemacetan di jalan yang mengakibatkan kemungkinan anak sering terlambat masuk sekolah. Sekolah yang jauh juga bisa menyebabkan anak Anda kelelahan ketika masuk sekolah, hal ini akan menyebabkan anak tidak aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas.

5. Kurikulum sekolah.

Saat ini secara umum, jenis sekolah terbagi 3 yakni sekolah nasional, sekolah nasional plus dan sekolah internasional .
- Sekolah nasional menggunakan kurikulum yang berlaku pada umumnya di Indonesia. Sekolah ini cukup baik untuk dipilih apabila Anda tidak berniat menyekolahkan anak Anda ke luar negeri.
- Sekolah nasional plus menggunakan kurikulum nasional yang ditambah penekanan pada jam
pelajaran tertentu menjadi lebih banyak dari biasanya misalkan bahasa Inggris atau bahasa
Mandarin.
- Sekolah internasional menggunakan kurikulum internasional melalui kerjasama dengan pihak luar negeri. Sekolah ini merupakan pilihan yang tepat apabila Anda memiliki rencana untuk menyekolahkan anak Anda ke luar negeri.

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di




No comments:

Post a Comment

No spam comments! .