Tips bepergian (liburan) dengan bayi (anak kecil)

Kegiatan mengurus bayi di rumah setiap hari bisa membuat Anda jenuh dan merasa bosan. Acara jalan - jalan ke luar rumah melihat suasana yang lain dapat menyegarkan pikiran Anda dan bayi pun senang karena diajak melihat suasana baru. Liburan bersama bayi juga baik dilakukan karena bayi bisa belajar bersoasialisasi dengan orang - orang yang baru dijumpai dan belajar beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berbeda.

Sayangnya apabila Anda adalah orang tua baru yang memiliki bayi atau anak kecil, rencana untuk berlibur dengan bayi atau anak Anda ini mungkin membuat Anda sedikit panik dan nampak seperti kegiatan yang sangat merepotkan. Tapi jika Anda melakukan persiapan dengan baik dan mengantisipasinya dengan cermat, bepergian pertama kali dengan anak Anda bisa menjadi pengalaman liburan yang mudah, indah dan menyenangkan!

Berikut beberapa tips yang bermanfaat untuk membantu Anda merencanakan perjalanan liburan dengan bayi atau anak Anda berjalan lancar :

1. Apabila ini adalah liburan pertamanya, sebaiknya tunggu sampai usia bayi Anda diatas dua minggu. Pada saat ini, Anda sudah mulai terbiasa merawatnya dan mengetahui dengan baik cara untuk menenangkan bayi Anda apabila ia rewel ketika liburan.

2. Sebaiknya mulai dengan bepergian yang berdurasi pendek atau liburan ke tempat yang berjarak dekat dahulu untuk liburan pertama anak Anda, misalnya 2 - 3 jam saja. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan ide apa saja yang perlu disiapkan apabila perjalanan liburan dilakukan dalam waktu yang panjang atau ke tempat yang lebih jauh. Lakukan perjalanan yang cukup jauh dengan anak Anda apabila Anda sudah mulai terbiasa bepergian dengannya dan siap untuk melakukannya.

3. Bawa alat gendong atau dorong bayi Anda. Dengan menempatkan bayi Anda di stroller atau kereta dorongnya, Anda akan merasa lebih bebas dan bayi juga merasa lebih nyaman dan bayi pun akan lebih luas pandangannya. Anda juga bisa menggunakan kain panjang (jarit) atau sling (baby carrier) yang memungkinkan tangan Anda untuk bebas menjinjing tas.

4. Jangan paksakan bayi mengikuti rencana Anda untuk bepergian seharian penuh mengunjungi banyak tempat karena bayi juga bisa merasa lelah. Kunjungan ke tempat yang ramai dan belum dikenal bisa membuat bayi rewel.

5. Mengingat daya ketahanan tubuhnya masih belum terlalu kuat, sebaiknya hindari tempat yang terlalu ramai atau sesak banyak orang untuk meminimalkan resiko bayi anda tertular penyakit.

6. Apabila Anda merasa belum siap atau masih takut bepergian berdua saja dengan buah hati Anda, ajak pasangan, teman atau anggota keluarga yang lain untuk bergabung dan menemani dalam liburan ini. Dengan begitu Anda memiliki seseorang untuk berbagi tanggung jawab merawat bayi Anda.

7. Jika terjadi perubahan mendadak seperti suhu tubuh yang meninggi, anak rewel dan menangis tanpa henti atau perubahan cuaca seperti angin kencang dan hujan, sebaiknya segera batalkan / tunda rencana bepergian yang sudah Anda persiapkan. Kesehatan dan kenyamanan Anda, juga anak Anda sangat penting untuk menjamin acara jalan - jalan menyenangkan.

8. Pakailah pakaian yang sesuai dengan cuaca untuk Anda dan bayi Anda. Bila cuaca panas kenakan pakaian yang menyerap keringat seperti baju dari bahan katun. Apabila cuaca cukup dingin, bayi Anda membutuhkan selimut untuk membuatnya hangat dan nyaman. Jaket, sarung tangan, kaus kaki dan topi bisa digunakan untuk melindungi kepala dan menghangatkan tubuhnya.

9. Bila Anda bepergian dengan mobil dengan jarak yang cukup jauh, putarkan musik bayi lembut menenangkan atau putar DVD film anak - anak yang dapat membantunya lebih tenang selama perjalanan.

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/tips-bepergian-liburan-dengan-bayi-anak-kecil



1 comment:

  1. terima kasih tipsnya, tambahan satu lgi nih bawa selalu minyak telon yang hangat seperti konicare

    ReplyDelete

No spam comments! .