Ide - ide kreatif menghabiskan weekend bersama anak dan keluarga

Weekend atau akhir pekan adalah waktu yang umumnya dinanti oleh kebanyakan keluarga. Hari libur Sabtu dan Minggu adalah saat yang tepat bagi seluruh anggota keluarga untuk berkumpul bersama setelah melewati hari - hari sibuk bersekolah atau bekerja dari hari Senin sampai Jum'at.

Ada beberapa keluarga yang memilih untuk menghabiskan akhir pekan dengan pergi ke tempat-tempat hiburan, bertemu dengan anggota keluarga besar lainnya atau memilih dengan beristirahat di rumah saja.

Mengunjungi beberapa tempat hiburan tentu membutuhkan uang dan waktu. Seperti misalnya butuh uang untuk makan di restoran, bayar tiket masuk taman hiburan, membeli mainan baru di pusat perbelanjaan untuk anak dan waktu yang habis terbuang di jalan karena kemacetan.

Solusi untuk menghemat uang dan waktu saat akhir pekan adalah dengan menghabiskan waktu untuk lebih kreatif bersama anak - anak di rumah. Yuk, simak lebih lanjut artikel di bawah ini untuk mengintip apa saja sih ide - ide kegiatan kreatif yang bisa orang tua lakukan bersama anak - anak di rumah.

1. Melukis kamar anak - anak
Kegiatan kreatif ini tidak hanya membuat kamar anak lebih indah dan punya kesan tersendiri, tapi juga sarana bagi anak - anak untuk menuangkan daya imajinasi mereka. Tentu saja dengan pengawasan Anda sebagai orang tua ketika anak - anak mengecat kamar mereka. Tokoh - tokoh kartun favorit anak misalnya saja Mickey mouse dan Winnie the pooh bisa Anda gunakan sebagai tema lukisan di dinding kamar anak.

2. Memasak di dapur
Bukan hanya anak perempuan yang bisa membantu ibu di rumah untuk memasak, tapi anak laki - laki harus juga lho. Dapur di rumah bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk meningkatkan kreativitas anak dan mengajarkan keterampilan yang akan berguna baginya di masa depan.

Banyak sekali resep - resep sederhana yang bisa Anda gunakan dalam melakukan aktivitas memasak bersama ini. Misalnya saja, membuat muffin mini dan menghiasnya dengan coklat beras yang berwarna - warni atau membuat biskuit dengan menggunakan cetakan - cetakan kue lucu berbentuk binatang seperti beruang, gajah atau bentuk sederhana seperti bintang dan hati.

Pastikan anak - anak tidak dekat dengan oven yang panas dan alat - alat memasak yang tajam di dapur. Selesai memasak di dapur, Anda juga bisa meminta anak untuk membantu menyiapkan, menata atau menyusun kue di piring untuk dimakan bersama anggota keluarga yang lainnya di rumah.

Image credit : parenting.slides.kaboose.com


3. Bermain bersama keluarga di halaman rumah
Kegiatan kreatif yang bisa dilakukan anak dan orang tua di taman antara lain adalah meminta anak untuk menggambar bunga - bungaan yang ada di taman rumah atau mengajak anak untuk menanam tanaman.

Mengajarkan anak berkebun dapat mengajarkan anak untuk lebih mencintai alam dan menghargai makanan yang dimakannya. Salah satu jenis tanaman yang paling mudah untuk ditanam yakni tomat. Anda bisa membeli tanaman tomat kecil yang dijual di toko bunga dan bersama anak menanamnya di pot bunga atau langsung ke tanah di taman.

Anda juga bisa mengajarkan proses lebih awal tanaman, misalnya saja dengan mengeringkan biji - biji tomat. Setelah dikeringkan, ajarkan anak untuk menyebarkan biji - biji kering tomat tersebut di halaman. Dengan penyiraman yang teratur dan cara penanaman yang benar, anak akan dapat menikmati hasil tanaman yang ditanam setelah beberapa bulan. Tentu akan ada rasa kebanggaan tersendiri bagi anak ketika memakan buah hasil kesabaran dan ketelatenannya dalam merawat tanamannya.

4. Scrapbooking
Membuat scrapbook dapat mengembangkan daya kreativitas mereka. Beberapa ide scrapbooking antara lain adalah mengumpulkan foto - foto sejak anak lahir sampai usianya yang sekarang. Anda bisa mengumpulkan foto - foto, dan meminta anak untuk menempelkan dan menuliskan komentar - komentar lucu di dalam buku tersebut. Selain foto - foto anak juga bisa menggunakan sticker, kertas berwarna - warni, wool atau hiasan lainnya dalam membuat scrapbook.

Bisa juga dengan membuat scrapbook tentang liburan terakhir bersama keluarga, misalnya saja ke pantai. Ajarkan anak untuk menggunting dan menempel foto - foto liburan di sebuah buku. Minta anak untuk menggambar sampul buku tersebut dengan pemandangan atau suasana yang diingat saat di pantai tersebut.

Di dalamnya, anak juga bisa menempelkan kerang - kerang yang di temukan di pantai dan menggambar bermacam jenis ikan dengan berbagai warna yang menarik. Dari kegiatan kreatif ini, Anda sebagai orang tua dapat menilai keterampilan , perasaan seni anak dan kemampuan bahasa anak dalam rangkaian kata - kata yang mereka susun dalam tiap lembar buku tersebut.


5.Melakukan permainan kreatif lewat mainan
Saat ini banyak sekali dijual berbagai macam produk mainan anak. Salah satu mainan yang dapat membuat anak kreatif adalah Lego. Dengan tekun dan kreatif anak mencoba menggabungkan bagian yang satu dengan lainnya sampai menjadi suatu hal yang diinginkannya, misalnya saja rumah, jembatan atau mobil.

Permainan kreatif lain adalah dengan menyusun puzzle yang dapat melatih daya konsentrasi anak sekaligus mengasah daya ingatnya. Playdough dapat melatih kemampuan motorik halus anak, membantu anak mengenal bentuk, warna dan mengembangkan imajinasinya dalam membuat berbagai hal yang diinginkan. Untuk anak perempuan, Anda bisa membelikan mute, bandul, hurup - hurup dan karet elastik yang bisa dirangkai menjadi sebuah gelang atau kalung yang unik. Mengenakan kalung atau gelang buatan sendiri dan bertuliskan namanya tentu akan membuat anak bangga akan hasil kerajinannya.

6. Melukis dengan tangan
Waktu berlalu begitu cepat, dan anak - anak tumbuh begitu cepat. Tanpa disadari anak - anak akan segera beranjak besar. Salah satu kegiatan kreatif yang dapat digunakan juga sebagai kenangan di masa mendatang ketika anak sudah dewasa adalah melukis dengan tangan.

Bahan yang diperlukan sangat sederhana yakni cat air (atau cat khusus untuk finger paint) dan sebuah kaos putih. Minta anak untuk melukis tangan atau kakinya dengan cat air dan meletakkan tangan / kaki yang basah dengan cat di atas kaos putihnya. Setelah itu Anda bisa menuliskan namanya dan mengeringkan kaos tersebut. Kaos bergambar cetakan tangan dan kaki mungil anak adalah salah satu cara untuk melestarikan kenangan ukuran tangan dan kaki mereka ketika masih kecil.

Tidak hanya cetakan gambar tangan dan kaki, tapi Anda juga bisa membebaskan anak dalam melukis apa saja yang anak inginkan dengan tangannya. Kegiatan kreatif ini dapat Anda gunakan untuk mengajarkan anak nama - nama warna dan teknik mencampur warna - warna dasar menjadi berbagai macam warna, yang tentunya hal ini sangat menarik bagi anak.


Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/ide-ide-kreatif-menghabiskan-liburan-weekend-bersama-anak-dan-keluarga




No comments:

Post a Comment

No spam comments! .