Panduan memandikan bayi

Memandikan bayi selain untuk membuat kulit bayi Anda bersih dan membuatnya merasa nyaman, juga salah satu kegiatan interaksi yang menyenangkan antara Anda dan bayi Anda. Meskipun begitu bagi para ibu muda acara memandikan bayi (terutama bayi baru lahir) terkadang dapat menjadi pengalaman yang menegangkan karena bayi Anda mungkin tidak menyukainya.

Sebenarnya dengan sedikit latihan dan mengetahui beberapa langkah - langkah dasar memandikan bayi kegiatan memandikan bayi akan menjadi kegiatan favorit rutin Anda dan buah hati. Dengan mengetahui dasar - dasar memandikan bayi dapat membantu Anda lebih percaya diri ketika memandikannya. Yang perlu Anda ingat adalah untuk selalu berbicara dengan bayi Anda saat memandikannya. Jadikan waktu mandi bukan hanya baik untuk kesehatan dan kebersihan kulitnya tapi juga interaksi yang merangsang otaknya.

Sebelum kegiatan mandi dimulai kumpulkan semua yang anda butuhkan berkaitan dengan bayi. Pastikan untuk menempatkan barang-barang ini di mana Anda dapat dengan mudah menjangkaunya agar bayi Anda tidak pernah lepas dari pengawasan Anda. Ini adalah langkah yang paling penting. Anda tidak dapat meninggalkan bayi Anda jika Anda lupa sesuatu untuk mencegah bayi tenggelam di bak mandinya. Lebih baik untuk tidak menjawab telepon atau bel pintu selama memandikan bayi Anda.

Anda akan memerlukan beberapa barang keperluan mandi bayi seperti antara lain :
- Waslap atau lap kecil
- Handuk cukup besar (sebaiknya handuk dengan penutup kepala / built-in hood)
- Bola kapas dan tissue bayi
- Sampo dan sabun mandi bayi yang berbahan dasar lembut
- Lotion pelembab kulit ringan atau minyak khusus bayi
- Popok
- Pakaian ganti

Image credit : withbabysolutions.com


Tempat mandi
Banyak orangtua membeli bak plastik yang dirancang khusus untuk bayi baru lahir atau bak plastik biasa yang diberi alas dasar handuk atau alas karet untuk menjaga bayi agar tidak tergelincir. Bak plastik ditempatkan di permukaan yang datar, bisa di lantai kamar mandi, meja dapur atau meja ganti. Bila di atas meja, pastikan tingkatnya nyaman bagi Anda, bisa berdiri tegak dan tidak perlu membungkuk. Pastikan suhu ruangan hangat dan nyaman bagi bayi. Namun ada beberapa orang tua lain yang memandikan bayi baru lahir mereka di wastafel dapur atau wastafel kamar mandi.

Waktu mandi

Waktu yang terbaik adalah ketika Anda tidak terburu-buru dan sedang tidak terganggu. Terserah Anda, pilih waktu yang santai bagi Anda dan si kecil. Beberapa orang tua memilih untuk memandikan anak di pagi hari, yakni ketika bayi dalam keadaan siap untuk memulai hari dan bermain menikmati pengalaman - pengalaman baru. Sementara beberapa orang tua yang lain lebih suka dengan ritual menenangkan memandikan bayi di sore hari sehingga bayi tidur lebih nyenyak.

Frekuensi mandi
Bayi sebenarnya tidak perlu untuk dimadikan setiap hari. Selain karena sebenarnya bayi tidak banyak melakukan aktivitas seharian dan terlalu kotor, memandikan bayi setiap hari, dapat membuat kulit bayi Anda kering dan merusak kulitnya. Yang paling penting Anda perhatikan adalah daerah sekitar kepala, wajah, leher, jari - jari kaki dan tangan serta area popok.

Lakukan ini hanya sekali atau dua kali seminggu terutama bagi bayi baru lahir. Tapi jika bayi Anda banyak melakukan aktivitas setiap hari dan berbau. Atau bayi Anda suka berada di air, tidak ada salahnya memberikan ritual mandi air hangat santai yang menyenangkan harian.

Air
Gunakan air hangat, pastikan suhunya tepat bagi bayi, Anda bisa menguji air di area kulit yang lebih sensitif seperti pergelangan tangan atau siku anda. Banyaknya air yang dibutuhkan kurang lebih untuk bayi baru lahir sekitar 10cm.

Ketika bayi tali pusat bayi belum putus sebaiknya hindari menggosok atau mengoreknya ketika memandikan bayi. Pada umumnya tali pusat bayi akan terputus dengan sendirinya ketika bayi berusia 2 - 3 minggu. Jika bayi Anda sudah cukup besar Anda bisa memandikannya di bak mandi yang besar dengan lebih banyak air.

Keselamatan
Gunakan satu tangan untuk menopang tubuh mungilnya dan tangan yang lain bebas untuk mengambil barang - barang yang diperlukan. Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk mengambilkan barang. Bila Anda memandikan bayi Anda sendirian saja jangan pernah meninggalkannya sendiri di air, bahkan untuk beberapa detik. Bayi harus diawasi dengan hati - hati ketika berada di air. Kecelakaan bukan hanya dapat terjadi di kolam renang, danau tapi juga dapat terjadi di kamar mandi rumah Anda!

Jika Anda harus meninggalkan area mandi, bahkan bila untuk satu menit saja bawa bayi Anda dengan Anda. Bila ditinggalkan sendirian walaupun beberapa detik saja, bayi bisa berusaha mengangkat kepala dan terbentur bak mandinya, tergelincir dan tenggelam, atau tertidur.


Langkah - langkah memandikan bayi :

- Bawa bayi ke area mandi dan cek jika ada kotoran di popoknya. Sekarang saatnya membuka baju bayi anda. Bicaralah pada bayi Anda saat Anda melepaskan pakaian mereka. Pegang erat badannya agar bayi merasa aman. Cukup banyak bayi yang menangis saat dibuka bajunya karena bayi tidak suka telanjang, merasa dingin dan tidak aman.

Anda tidak perlu khawatir bila anak Anda menangis, Anda tidak melakukan hal yang salah, bayi Anda hanya terbiasa mengenakan pakaian. Perlahan tanggalkan pakaian bayi dan bungkus dengan handuk, hanya buka pakaian di bagian yang akan Anda basuh dengan air. Bersihkan alat kelamin bayi Anda dan sebelum menempatkan dia di bak mandi.

- Pada bayi baru lahir sabun belum perlu digunakan. Gunakan bola kapas basah atau tissue basah yang bersih untuk menyeka kelopak bayi dari dalam ke sudut luar. Gunakan waslap atau lap kecil yang dibasahi dengan ar hangat untuk membasuh badan bayi. Basahi lap mandi, peras kelebihan air dan lap wajah bayi Anda.

Ada berbagai jenis sabun dan sampo yang sudah diformulasi khusus dengan bahan dasar lembut bagi bayi agar tidak pedih di mata. Anda bisa membeli sabun cair yang bisa digunakan untuk memandikan badannya sekaligus untuk mencuci rambutnya. Atau bisa juga membeli sabun dan sampo bayi terpisah.

Bila Anda sudah siap untuk memperkenalkan spons mandi ke bayi dan bayi anda berbau atau kotor, Anda bisa menuangkan sedikit sabun cair bayi ke spons basah yang lembut. Setelah mulai berbusa, basuhlah bayi Anda berurutan dari kepala ke kaki.

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/panduan-memandikan-bayi



No comments:

Post a Comment

No spam comments! .