10 Tempat wisata di Indonesia yang paling menarik dan patut dikunjungi (1)

Negara kita Indonesia dianugrahi dengan latar belakang sejarah yang sangat kaya dan keindahan alam yang menakjubkan. Indonesia menawarkan berbagai tujuan dan tempat-tempat untuk dikunjungi. 

Dengan banyaknya pulau - pulau, wisatawan asing dan lokal memiliki beragam pilihan wisata untuk pergi ke beberapa tujuan populer di negeri ini seperti Pulau Komodo, Bali, dan lain sebagainya. Selain lebih hemat pergi wisata di negeri sendiri, tempat - tempat wisata di tanah air juga tidak kalah indahnya dengan tempat - tempat wisata di luar negeri. 

Liburan dengan mengunjungi tempat wisata bagi sebagian besar orang adalah cara terbaik untuk melepaskan kepenatan dari aktifitas rutin yang biasa dilakukan setiap hari. Jadi jika Anda sedang mencari ide tujuan wisata atau berencana untuk melakukan perjalanan wisata baik liburan perorangan, keluarga, kelompok atau perusahaan, Anda sedang membaca artikel yang tepat. 

Artikel kali ini membahas beberapa tempat rekreasi yang memiliki daya tarik untuk dikunjungi di Indonesia karena budayanya yang kaya, kegiatan ritual yang unik serta kecantikan alamnya. 

 Berikut 10 tempat rekreasi atau obyek wisata terbaik yang patut dikunjungi di Indonesia : 

 1. Pulau Komodo 

Tahun 2011 pulau Komodo terpilih sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia versi organisasi New7Wonders. Kemenangan ini menunjukkan bahwa pulau yang terletak di sebuah selat antara pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan pulau Sumbawa di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini memiliki keistimewaan tersendiri. Pulau Komodo terkenal dengan nama Taman Nasional Komodo yang pada tahun 1991 dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization). 

Image credit : randomandmix.wordpress.com
Komodo bukan kadal biasa yang bisa hidup dimana saja. Ada kurang lebih 2000 komodo yang terancam punah di pulau ini. Keunikan yang dimiliki komodo antara lain air liurnya yang beracun dan mematikan. Dengan banyaknya jumlah spesies terancam punah tua di dunia dan keunikan yang dimilikinya tidak ada di pulau atau negara lain, sangatlah pantas kalau pulau Komodo dijadikan pilihan utama tempat yang patut dikunjungi di Indonesia bagi Anda yang belum pernah mengunjunginya. 


 2. Raja Ampat. 

 Salah satu lokasi menyelam terkenal di dunia ini terletak di Waisai, provinsi Papua Barat, Indonesia. Gugusan gunung karang yang menawan, lautan biru yang jernih dan terumbu karang dengan aneka biota laut yang cantik membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Wisata ke tempat ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tapi kunjungan di bulan Oktober dan November lebih disarankan karena saat itu air lautnya tenang. 

Image credit : raja4mpat.com
 Apabila menyelam bukanlah pilihan Anda, tidak ada salahnya menikmati wisata bahari dengan menyewa speed boat untuk mengunjungi banyak pulau - pulau kecil yang indah dengan bukit - bukit karang berwarna hijau di sekitar di Raja Ampat. Pilihan lain adalah melihat satwa burung Cendrawasih khas Papua atau berjemur sambil bersantai di pasir putih halus yang bersih. Untuk Anda yang ingin menyelam jangan lupa untuk membawa kamera khusus anti air untuk mengabadikan pesona keindahan alam bawah laut ya! 


 3. Candi Borobudur. 

 Candi Borobudur termasuk salah satu situs warisan dunia UNESCO. Lokasi salah satu candi Buddha terbesar di dunia ini terletak di desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada jaman raja Samaratungga dari dinasti Syailendra yang memerintah di Jawa Tengah pada abad ke sembilan. Arsitektur candi ini sangat megah dan indah dengan 504 arca Buddha disertai relief berupa pahatan yang rumit di blok batu - batu besarnya yang dibuat sekitar tahun 800-an Masehi. 

Image credit : historic-relics-indonesia.blogspot.com
Relief yang terdapat menggambarkan manusia - manusia mulia seperti pertapa, dewi, raja dan wanita bangsawan, aneka tumbuhan dan hewan. Stupa utama terbesar terletak di tengah stupa Buddha yang sedang duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan sikap tangan memutar roda dharma. Seiring dengan melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta masuknya pengaruh Islam, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14. 

Ada dugaan pula yang menyebutkan bahwa alasan Borobudur ditelantarkan adalah karena meletusnya Gunung Merapi. Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814 yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa menemukan Borobudur dan memerintahkan proyek pemugaran besar sebagai upaya menyelamatkan situs bersejarah ini. 

Saat ini selain sebagai tempat ziarah keagamaan, Borobudur setiap harinya selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Umat Buddha dari seluruh Indonesia dan luar negeri berkumpul di Borobudur setiap tahunnya untuk memperingati Trisuci Waisak. 


 4. Pulau Bali 

 Pulau Bali yang indah sangat terkenal di mata dunia. Rasanya semua orang sudah mengenal ketenaran pulau ini yang juga dikenal dengan sebutan pulau dewata. Bahkan terkadang pulau Bali lebih dikenal daripada Indonesia! Terutama setelah pulau Bali pernah menjadi lokasi syuting salah satu film Hollywood yang berjudul "Eat, Pray, Love" yang dibintangi aktris Julia Roberts pada tahun 2010. Banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di pulau Bali. 

Jika Anda pencinta pantai atau suka menikmati matahari terbenam dan terbit bisa mengunjungi pantai Kuta, Nusa Dua, Sanur dan Lovina. Jika Anda ingin menghindari panasnya dan ramainya turis di bagian selatan Bali, Anda bisa pergi ke Bedugul yang menawarkan udara yang bersih, cuaca yang sejuk dan pemandangan indah Pura Ulun Danu di danau Beratan yang dikelilingi bukit - bukit yang hijau. 

Image credit : explore-id.blogspot.com
 Dapatkan kedamaian saat melihat hamparan padi di Ubud, kecantikan gunung berapi Batur yang masih aktif dan keunikan salah satu desa Trunyan di Bali, dimana merupakan tradisi bagi penduduknya untuk tidak menguburkan jenazah tapi hanya diletakkan begitu saja di atas tanah dibawah pohon kemenyan. 

 Bila Anda memilih Bali yang dikenal juga dengan sebutan "The Island of God" sebagai tujuan wisata Anda sempatkan pula untuk menonton tarian tradisional kecak dan Barong di desa Batubulan. Jangan lupa pula ke Pasar seni Sukawati, salah satu pasar di Bali yang menawarkan berbagai macam oleh - oleh berupa kerajinan kayu, udeng yakni ikat kepala khas Bali, lukisan khas Bali dan berbagai macam karya seni lainnya. 


 5. Tana Toraja. 

 Tradisi budaya suku Toraja yang menetap di pegunungan di Sulawesi Selatan menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Selain keunikan rumah tradisional Toraja yang dikenal dengan nama Tongkonan berupa tumpukan kayu yang dihiasi ukiran berwarna merah, salah satu ritual yang terkenal dari beragam tradisi yang ada adalah upacara pemakaman jenazah. 

Image credit : naturalindonesia.wordpress.com

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/10-tempat-wisata-di-indonesia-yang-paling-menarik-dan-patut-dikunjungi-1


9 comments:

  1. Dari rangkaian liburan di atas,yang pernah cuman ke Borobudur aja. Sepertinya tertarik ke raja ampat tapi katanya ada berbau mistisnya ^^

    oia referensi yg ini juga bagus buat di kunjungi..

    http://kalimantanku.blogspot.com/search/label/kaltim

    ReplyDelete
  2. Terima kasih komentar dan link-nya ya Septy, jadi mau ke Kalimantan segera nih hehe... Semoga kapan-kapan bisa mengunjungi semua tempat wisata di atas ya :-)

    ReplyDelete
  3. Amin ya rabbal alamin. ngomong-ngomong sekarang lagi sibuk apa mbak? lama enggak email2an ;-)

    ReplyDelete
  4. Sibuk dengan banyak aktivitas di tempat tinggal yang baru. Salam kangen :-)

    ReplyDelete
  5. Saya sudah tahu lho mbak kesibukan mbak apa?! saya punya indera keenam soalnya *wink* *gubrak*

    ReplyDelete
  6. Wah, baru tahu aku! Hebat Septy punya indera ke enam :-)

    ReplyDelete
  7. Memang di Raja Ampat apa saja yang menariknya sehingga dapat termasuk tempat wisata yang paling menarik dikunjungi?

    ReplyDelete
  8. Hi Transeropa,

    Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Raja Ampat seperti diving, bird watching, trekking dll.

    ReplyDelete

No spam comments! .