Bayi Tidak Menangis Saat Dilahirkan (Penyebab dan Cara Mengatasinya)


Proses persalinan terfokus kepada ibu tetapi karena proses tersebut merupakan proses pengeluaran bayi (hasil kehamilan), maka persalinan dapat dikatakan berhasil apabila selain ibunya, maka bayi yang dilahirkan juga harus berada dalam kondisi yang sehat dan optimal.

Pada umumnya ketika seorang bayi dilahirkan, bayi tersebut akan menangis.Hal ini merupakan reaksi pertama bayi yang bisa dilakukan.Dengan menangis,hal ini menandakan bahwa paru-paru bayi mulai berfungsi.Ketika di dalam rahim, oksigen didapat bayi dari ibu melalui placenta.Setelah dilahirkan, bayi perlu menangis untuk membuka rongga pernapasan dan menyedot oksigen ke dalam paru-parunya.

Bayi menangis ketika dilahirkan juga merupakan reaksi dari perubahan yang dialami bayi.Ketika berada di dalam kandungan ibu, bayi merasakan perlindungan, kenyamanan dan kehangatan di suasana rahim yang gelap.Sementara ketika dilahirkan, bayi merasakan udara luar yang dingin dan merasakan adanya cahaya terang.Perubahan lingkungan dan adaptasi ini disikapi bayi dengan cara menangis.

Tetapi tidak semua bayi menangis saat dilahirkan. Salah satu penyebab bayi tidak menangis atau terlambat menangis ketika dilahirkan adalah karena kondisi/kelahiran prematur.Kelahiran prematur adalah proses persalinan yang dilakukan sebelum usia kehamilan 37 minggu atau 3 minggu lebih awal dari waktu normal perkiraan persalinan.

Image credit : gallery.hd.org


Penyebab

Dr. Effek Alamsyah SpA, MPH, dari RSIA Muhammadiyah, Jakarta Selatan dalam hal ini menjelaskan bahwa bayi dengan berat badan lahir rendah baik yang cukup bulan (aterm), utamanya bayi yang kurang bulan (preterm) kadang-kadang menderita keadaan seperti megap-megap, yakni pernapasan yang tidak teratur, kadang berhenti atau sama sekali tidak ada usaha napas (apnea), dinding dada terlihat tidak mengembang dan tidak menangis.

Cara mengatasi



Bila bayi baru lahir tidak menangis dan disertai apnea, maka dokter dapat melakukan tindakan awal seperti :
1. Menjaga kehangatan bayi dengan cara mengeringkan dan menyelimuti tubuh bayi,
2. Menempatkan posisi kepala bayi dengan benar dan membersihkan jalan napas dari lendir, darah dan air ketuban (yang kadang-kadang bercampur mekonium) sehingga jalan napas terbuka dan udara yang mengandung O2 dapat masuk ke paru-paru dengan baik,
3. Lakukan rangsangan taktil yakni dengan menepuk atau menyentil telapak kaki dan menggosok punggung bayi untuk merangsang pernapasan.

Tindakan awal ini harus dilakukan secara sempurna untuk mempertahankan kelangsungan hidup bayi dan mengatasi gejala lanjut yang mungkin terjadi. Hal ini penting karena bila bayi mengalami gangguan pernapasan, masukan oksigen ke jaringan dan organ tubuh lainnya dapat terganggu.

Bila asfiksia (kesulitan bernapas di sekitar kelahiran) dibiarkan maka dapat mempengaruhi fungsi-fungsi tubuh yang lainnya antara lain seperti jantung, otak, pembuluh darah, ginjal dan organ vital yang lain. Gangguan pada organ tubuh akibat asfiksia dapat timbul 12-24 jam pertama setelah bayi dilahirkan. Organ tubuh yang paling sering mengalami gangguan adalah otak dengan gejala utama kejang.

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di http://informasitips.com/bayi-tidak-menangis-saat-dilahirkan-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Sumber :

http://greg-spog.com/kebidanan-kandungan/bayi-tidak-menangis-saat-baru-lahir/

http://www.rumahsakitmitrakemayoran.com/bayi-menangis-%E2%80%93-pentingnya-bayi-baru-lahir-segera-menangis/
http://generasi-kita.blogspot.com/2010/04/asfiksia-pentingnya-tangis-pertama-bayi.html


My name is Sari and I am an Indonesian, happily married to a Scottish guy. I was an English instructor back home, but now I am a work at home mom and living a simple but happy life in Spain with my husband Scott and our two boys Nico and Kian. I love blogging, reading, surfing the internet, dancing, cooking, studying languages and cultures. In here on my personal blog you will read everything about my life with my lovely family, activities, interests, thoughts, experiences and stuff that you might be interested in. Come and check out my website at http://www.widasarisaraswati.blogspot.com 3 bedroom wooden villa overlooking Lake Beratan and Bedugul valley Bali Indonesia Cottage Rental Granada Spain, 10 minutes from Alhambra, 25 minutes from Sierra Nevada ski resort Penthouse Granada Connect with me on Facebook

4 comments:

  1. @ Iklan baris gratis :
    sama-sama, terima kasih sudah mampir ya.

    ReplyDelete
  2. Anak aku lahir tgl 28oktober2013 kemarin dia ngga nangis.. Pas dideteksi dia kena hernia diafragma dan paru" kiri ngga berkembang..dia harus menempuh operasi dan akhirnya meninggal dalam umur 2 minggu saja..

    ReplyDelete
  3. Innalillahi wainna illaihi roji'un, turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya anak kamu. Aku doakan semoga kamu dan keluarga diberikan kesabaran, keikhlasan, ketabahan dan kekuatan iman dalam menghadapi cobaan-Nya. Semoga suatu saat nanti kamu dan anak tercinta bisa berkumpul kembali di surga Allah yang indah ..Amin ya rabbal alamin

    ReplyDelete

No spam comments! .