Manfaat dan peran penting Ayah bagi proses tumbuh kembang anak perempuan

Ayah dan ibu memainkan peranan yang penting sebagai orang tua dalam membangun kepribadian anak - anak mereka. Dari sejak dahulu sampai sekarang pada umumnya pengasuhan anak - anak lebih banyak dilakukan oleh ibu. Sementara ayah lebih berperan sebagai pencari nafkah dan kepala keluarga di rumah.

Peran ayah di rumah tidak terlalu menonjol karena kesibukan kerja mencari nafkah yang menyita waktu. Terkadang ayah pulang ketika anak - anak sudah tidur, dan terkadang pada beberapa keluarga ayah harus berangkat kerja pagi sekali ketika anak - anak masih tidur.

Pada beberapa keluarga terkadang bukan hanya anak - anak tidak bisa bertemu ayah selama beberapa jam saja, melainkan bisa beberapa hari. Pekerjaan yang mengharuskan ayah untuk bepergian ini misalnya saja ayah bekerja sebagai pilot pesawat, supir bis jarak jauh dan pengusaha yang memiliki bisnis di luar kota atau luar negeri. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan kesenjangan yang cukup besar antara seorang anak dan ayahnya.

Sementara pada beberapa kasus keluarga lainnya karena terjadi perceraian dengan sang ibu mengharuskan anak - anak untuk tidak tinggal serumah dengan ayah, sehingga ayah hanya memiliki sedikit kesempatan dan waktu untuk terlibat dalam perkembangan anak - anaknya.

Bila Anda adalah seorang ayah yang memiliki anak perempuan, ada baiknya apabila Anda menyimak lebih lanjut artikel ini. Pembahasan kali ini adalah mengenai manfaat dan pentingnya peranan seorang ayah dalam proses tumbuh kembang putri kecilnya menjadi seorang gadis dewasa.

Image credit : blog.lib.umn.edu
Sama seperti halnya hubungan seorang ibu dengan anak perempuannya, hubungan antara seorang ayah dan anak perempuannya memiliki keunikan tersendiri. Mengasuh anak adalah tugas bersama kedua belah pihak orang tua. Sesibuk apapun Anda, usahakanlah untuk memiliki ikatan khusus itu dan memupuknya terus menerus agar rasa cinta ayah dan anak perempuannya semakin erat.

Sebagai seorang laki - laki ayah adalah model dan pahlawan bagi putrinya. Bukan tidak mungkin, bahwa anak perempuan biasanya berusaha mencari dan menikahi laki - laki pujaannya kelak yang memiliki sifat dan sikap seperti ayah yang dikaguminya.

- Tunjukkan dan sampaikan rasa cinta pada anak perempuan Anda
Salah satu hal yang Anda perlu lakukan untuk menjadi ayah yang baik adalah dengan menampilkan dan menyampaikan rasa cinta kepada putri Anda. Jangan malu untuk menunjukkan rasa sayang kepada putri Anda misalnya saja melalui sentuhan, pelukan, senyuman sambil mengucapkan kata - kata bahwa Anda mencintainya adalah cara nyata untuk mengkomunikasikan kasih sayang yang Anda miliki kepadanya. Perilaku kasih sayang yang ditampilkan Anda akan mempengaruhi perilaku putri Anda kepada suaminya kelak di kemudian hari.

- Tunjukkan rasa hormat kepada wanita (ibu dari putri Anda)

Hal berikutnya yang tidak kalah pentingnya dalam pengembangan putri tercinta Anda menjadi gadis dewasa adalah dengan menghormati dan menunjukkan rasa cinta kepada ibu dari putri Anda ( atau istri Anda). Anak - anak belajar dari contoh - contoh yang ditunjukkan ketika mereka masih sangat muda.

Mereka mengamati keharmonisan yang ditunjukkan ibu dan ayah di depan mereka. Apabila Anda tidak menghormati dan menghargai istri Anda sebagai seorang wanita, misalnya dengan tidak pernah mau mendengar pendapatnya, suka memerintah, atau bahkan melakukan kekerasan dalam rumah tangga seperti memukul dan menampar, maka hal ini akan sangat jelas berpengaruh terhadap proses kembangnya. Anak - anak yang sudah dari sejak kecil melihat orang tua mereka berkelahi, terutama dimana ayah suka menyiksa ibu mereka maka akan timbul kemungkinan bahwa anak - anak kelak akan membenci kaum pria. Hal ini tentu bisa berpengaruh pada perkembangan psikologinya, emosional dan sosialnya.

Rasa hormat dan menghargai bukan hanya ditunjukkan seorang ayah kepada ibu sang anak, tapi juga sebaiknya kepada perempuan lain di dalam keluarga dan wanita lainnya di luar keluarga. Hubungan antara ayah dan ibu yang penuh kasih sayang merupakan hal dasar dalam membangun perkembangan kepribadian anak - anak yang bahagia dan seimbang. Anak melihat hal ini sebagai rasa aman, nyaman dan memberikan kesan yang baik tentang pernikahan.

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/manfaat-dan-peran-penting-ayah-dalam-proses-tumbuh-kembang-anak-perempuan




No comments:

Post a Comment

No spam comments! .