Tips mendongeng kepada anak

Image credit : ereads.com
Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan orang tua dalam mendongeng atau membacakan cerita kepada anak :

1. Sebaiknya orang tua menguasai dongeng secara utuh atau membaca buku cerita sebelum membacakan cerita tersebut kepada anak.

2. Bacakan cerita saat rileks atau santai bersama anak dan minimalkan gangguan yang mungkin terjadi, seperti tidak sambil memasak atau mematikan TV yang menyala.

3. Mulailah mendongeng dengan cara yang indah secara kreatif.

4. Orang tua sebaiknya mampu menghasilkan suara yang bervariasi sesuai dengan watak cerita dan suasana cerita yang terjadi. Dongeng yang disajikan dengan suara secara lentur akan terasa lebih hidup dan membawa kesan lucu yang akan diingat terus oleh anak - anak. Jangan malu untuk misalnya membuat suara yang bernada geram karena tokoh cerita kecewa atau senang karena mendengar berita bahagia. Begitu juga dengan halnya dengan membuat suara seorang nenek tua yang kelelahan mencari kayu bakar atau seorang raksasa yang sedang mencari mangsa.

5. Penggunaan mata dan mimik wajah yang sesuai dengan suasana cerita. Misalnya mata yang membelalak karena marah atau terlihat sedih digunakan untuk berkomunikasi kepada anak sebagai pendengar sekaligus mengajarkan anak mengembangkan emosi.

6. Dongeng atau cerita yang dibacakan sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Dengan begitu penggunaan kata - kata yang tepat harus diperhatikan. Orang tua diharapkan mampu menggunakan lafal dan intonasi yang benar sehingga bisa membuat anak berimajinasi .


Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/tips-mendongeng-atau-membacakan-cerita-untuk-anak






No comments:

Post a Comment

No spam comments! .