Manfaat mendongeng bagi anak

Saat ini cukup banyak orang tua yang mengabaikan pentingnya mendongeng atau membacakan cerita untuk anak - anak mereka. Alasan pada umumnya orang tua tidak punya waktu lagi untuk membacakan dongeng bagi anak - anak mereka karena kelelahan setelah seharian sibuk bekerja mencari nafkah.

Hal ini sangat disayangkan karena sesungguhnya dengan mendongeng banyak manfaat yang akan diperoleh anak. Mendongeng berdampak positif terhadap tumbuh kembang otak, daya imajinasi dan emosional anak. Orang tua memberikan anak keuntungan besar yang berguna bagi kehidupannya di masa depan.

Mengembangkan kebiasaan membacakan cerita atau mendongeng bisa dimulai di rumah. Kebiasaan mendongeng sebenarnya bisa dilakukan orang tua kapan saja dan dimana saja, tapi biasanya kebiasaan ini dilakukan menjelang waktu anak tidur. Sebenarnya banyak sekali manfaat dari mendongeng yang dilakukan orang tua kepada anak-anak mereka sebelum tidur, yuk simak artikel ini lebih lanjut.

Image credit : 123rf.com


Berikut beberapa manfaat mendongeng untuk anak :

1. Memperkuat ikatan batin antara orang tua dan anak.
Membacakan cerita kepada anak di tempat tidur yang hangat dan nyaman, memberikan pelukan dan ciuman hangat sebelum anak pergi tidur adalah hal yang baik untuk mengakhiri hari. Dengan begitu anak merasa istimewa karena waktu khusus yang diberikan, merasa dihargai, menjadi prioritas dan merasa dicintai oleh orang tuanya.

2. Meningkatkan kemampuan bahasa anak - anak.
Ketika anak - anak belajar kata - kata baru dan mendengarkan struktur kalimat, mereka saat itu sekaligus belajar menggunakan kata - kata dalam kalimat dan dalam cara berkomunikasi mereka. Anak juga belajar menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik dan benar. Orang tua sebaiknya membantu anak untuk membangun kosa katanya, mendorong anak untuk bertanya apakah ada kata yang dia tidak mengerti atau tidak.

3. Membantu anak mengembangkan keterampilan motorik, baik mental maupun fisik.
Ketika orang tua meminta anak untuk memegang buku dan membolak - balik halaman tanpa merobek halaman buku ceritanya, tanpa disadari ini adalah kegiatan yang dapat melatih kekuatan otot - otot tangan juga jari - jarinya.

Selain itu merupakan stimulasi pada mata, tangan, telinga dan otak mereka secara bersamaan yang merupakan perkembangan penting dalam pertumbuhan mereka. Anak belajar keseimbangan dan koordinasi ketika mereka memegang buku, memfokuskan mata mereka melihat gambar atau tulisan di buku, sambil mencerna di otak makna semua kata - kata yang orang tua katakan atau gambar yang ditunjukkan kepada mereka.

4. Mempertajam ingatan anak karena pengulangan cerita dan meningkatkan ketrampilan bicara anak.
Ketika anak mendengar kata - kata dan frase tertentu berulang - ulang, mereka segera belajar untuk menghafal. Anak-anak belajar dari pendengaran dan pengulangan. Jadi sebaiknya orang tua jangan bosan apabila anak meminta cerita yang sama berulang kali.

Mendengar cerita yang sama berulang - ulang dapat membuat anak hapal dengan jalur cerita sebuah dongeng. Segera setelah anak telah hafal jalur cerita, biasanya anak akan mencoba untuk menceritakan dongeng tersebut ke adik mereka atau orang tua bisa meminta anak untuk menceritakan dongeng tersebut kembali dengan kata - kata yang anak susun sendiri.


5. Meningkatkan minat baca.
Buku adalah jendela dunia. Jika orang tua suka membaca, biasanya anak - anak mengikuti jejak orang tua. Kebiasaan orang tua mencurahkan hati dan waktu mereka untuk membacakan dongeng kepada anak - anak mereka dapat membuat anak pintar karena wawasan yang luas dan membuka pikirannya tentang banyak hal. Anak jadi suka membaca dan mencintai buku karena tahu kekayaan informasi yang bisa ditemukan dalam buku-buku.



Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/manfaat-mendongeng-untuk-tumbuh-kembang-anak





No comments:

Post a Comment

No spam comments! .