Manfaat dan peran penting Ayah bagi proses tumbuh kembang anak laki - laki

Selain berperan sebagai kepala keluarga, seorang ayah adalah sosok ideal teladan di mata anak - anaknya. Kita semua mengetahui bahwa adalah hal yang penting bagi anak - anak untuk mendapatkan pengasuhan yang tepat dari ayah mereka sejak lahir. Hal ini merupakan awal yang baik karena sosok ayah diperlukan anak dalam hal finansial, psikologis, emosional dan dalam hal - hal lainnya.

Terkadang karena kesibukan bekerja seharian, atau berhari - hari tanpa pulang karena tugas kantor ke luar kota menyebabkan banyak ayah yang nyaris tidak pernah bertemu dengan anak - anaknya. Semuanya dibebankan ke istri atau ibu dari anak - anak, karena ayah punya kesibukan dengan dunianya sendiri. Sosok ayah tidak cukup apabila hanya sekedar menunjukkan minat terhadap perkembangan yang terjadi pada anak, tapi diharapkan untuk aktif terlibat dalam proses membesarkan anak. Jika tidak ada belaian sayang dari sang ayah, kata - kata tegas, dan contoh perbuatan - perbuatan yang bisa dijadikan teladan dalam bersikap bisa menjadikan anak liar dan tidak memiliki aturan.

Bila ini terjadi dan dibiarkan maka anak - anak yang dibesarkan tanpa kasih sayang seorang ayah kelak akan tumbuh menjadi pribadi yang bermasalah. Menurut beberapa survey yang dilakukan jika tidak ada sosok ayah dalam proses perkembangan seorang anak kemungkinan dapat menyebabkan anak tersebut tidak berbuat baik di sekolah, terjerumus dalam penggunaan obat - obatan terlarang atau narkoba, terlibat dalam kegiatan kriminal dam memiliki perilaku kasar.

Image credit :  family.au.glam.com
Sangat disayangkan karena ada cukup banyak orang tua (para ayah) yang menganggap sepele perlunya kebersamaan dengan anak - anak mereka. Bila kenakalan anak - anak semakin parah barulah para ayah tersebut sadar. Meskipun begitu, banyak ayah yang terkadang tidak mau mengakui kesalahan mereka, tetap saja selalu anak yang disalahkan. Padahal alasan utama anak menjadi pribadi yang bermasalah bukan tidak mungkin adalah karena kurangnya perhatian dari ayah mereka.

Jika Anda adalah seorang ayah yang tidak banyak meluangkan waktu dengan anak laki - laki Anda sebaiknya baca lebih lanjut artikel ini. Berusahalah untuk menjadi ayah yang lebih baik bagi anak Anda. Anak - anak yang merasa dicintai biasanya memiliki ikatan khusus yang begitu erat dengan orang tua mereka dan tumbuh menjadi orang yang percaya diri.


- Mendidik anak untuk mandiri
Dari sejak dulu sampai sekarang, pada umumnya ayah memiliki peran lebih besar sebagai sumber daya keuangan bagi keluarga. walaupun tidak dipungkiri pula bahwa di era yang modern ini cukup banyak keluarga dimana suami dan istri bekerja. Hal ini karena kalau hanya mengandalkan dari satu sumber penghasilan saja tidak akan cukup untuk memenuhi biaya kehidupan sehari - hari.

Untuk itu peran ayah dalam mendidik anak laki - lakinya yang kelak akan menjadi kepala keluarga / sumber daya uang utama (untuk keluarganya) di masa depan sangatlah penting. Sejak kecil sebaiknya seorang ayah mendidik anaknya untuk mandiri khususnya dalam hal finansial. Hal ini bisa Anda lakukan misalnya dengan mengajarkan anak menabung dan tidak berlaku sebagai "mesin ATM" bagi anak. Anak harus memahami bahwa anak bisa mendapatkan uang dari hasil kerja keras yang dilakukannya. Bila sejak kecil Anda selalu membantu atau memanjakan anak dengan mudah memberikan uang, itu sama artinya Anda tidak mendidiknya untuk mandiri.

- Menunjukkan sikap menghormati lawan jenis

Dalam sebuah keluarga harus terjadi keseimbangan dalam hal saling menghormati dan menghargai antara seorang suami dan istri. Contoh perbuatan baik ini akan memiliki efek yang sehat pada perkembangan anak - anak. Anak laki - laki pada umumnya menjadikan ayah mereka sebagai sosok ideal yang patut untuk dicontoh.

Ayah yang kasar, suka melakukan kekerasan dalam rumah tangga dan suka berselingkuh tentu saja bukanlah contoh baik bagi anak - anaknya. Apabila anak sering melihat hal ini dan menganghap sebagai hal yang wajar, maka anak laki - laki Anda bisa berpikir bahwa dia kelak boleh melakukan kekerasan pada istrinya, atau berselingkuh seperti yang dilakukan ayahnya pada ibunya.

Jadi secara tidak langsung perilaku ayah yang menunjukkan rasa sayang dan hormat kepada ibu, dijadikan anak sebagai contoh yang harus dilakukan dalam memperlakukan wanita / lawan jenisnya. Bukan hanya setia dan hormat kepada istri atau ibu si anak, tapi ayah harus juga menunjukkan sikap menghormati pada wanita lainnya di dalam dan luar keluarga.

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/manfaat-peran-penting-ayah-dalam-proses-tumbuh-kembang-anak-laki-laki




No comments:

Post a Comment

No spam comments! .