Tips berbelanja online dengan aman

Internet telah membawa konsep yang sama sekali baru dalam hal berbelanja. Sekarang ini terdapat ribuan toko online di internet yang menjual berbagai jenis produk. Salah satu manfaat terbesar dari belanja online adalah kemudahan dan akses ke lebih banyak produk dan informasi selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk berbelanja online daripada menghabiskan uang untuk ongkos parkir atau ongkos kendaraan umum, waktu yang terbuang dalam kemacetan untuk pergi ke toko dan berbaris menunggu antrian untuk membayar ketika berbelanja di toko tradisional (offline).

Belanja online memungkinkan Anda sebagai konsumen untuk mengunjungi toko virtual yang tersebar di dunia maya untuk membandingkan harga dan diskon tanpa meninggalkan rumah. Meskipun online shopping atau belanja online melalui internet terbukti lebih menguntungkan, belanja via online juga memiliki resiko. Saat ini cukup banyak terjadi kasus konsumen yang ditipu oleh oknum - oknum pemilik atau penjual toko online gadungan yang tidak bertangung jawab.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengambil langkah untuk melindungi diri Anda sendiri ketika berbelanja online. Simak lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui beberapa pedoman dasar yang perlu diperhatikan oleh Anda agar dapat belanja online dengan aman.

Image credit : groupin.pk


Berikut tips berbelanja online dengan aman :

1. Pastikan Anda tahu siapa yang menjual.
Konfirmasikan alamat toko dan nomor telepon pemilik toko online atau penjual sebelum Anda membeli. Ini berguna ketika Anda ingin menghubungi toko online tersebut dan berbicara dengan seseorang karena Anda memiliki pertanyaan atau timbul masalah di kemudian hari. Jangan pernah melakukan transaksi apabila toko online tersebut tidak menyediakan layanan kontak bagi pembeli seperti alamat atau nomor telepon yang bisa dihubungi.

2. Mengetahui dengan baik produk yang akan Anda beli.
Baca deskripsi produk yang akan dibeli dengan baik. Baca semuanya termasuk deskripsi produk yang kadang disisipkan dalam bentuk tulisan yang memiliki hurup - hurup kecil untuk mengetahui bahwa Anda membeli produk yang tepat di toko yang tepat.

3. Periksa syarat dan kondisi pembelian produk.
Dapatkah Anda mengembalikan barang dan mendapatkan jaminan uang kembali jika Anda tidak merasa puas. Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda akan menemukan beberapa kelemahan dalam suatu produk dan terpaksa untuk mengembalikan produk yang diterima karena kerusakan atau ukuran atau warna yang salah.

4. Selalu cetak dan simpan catatan.
Pastikan semua catatan online transaksi, termasuk semua email dari dan ke penjual tersimpan atau terekam baik. Sehingga apabila terjadi masalah, Anda bisa menunjukkan bukti - bukti tersebut.

5. Pastikan Anda membeli produk dari toko online yang memiliki rating baik.
Baca juga testimonial atau komentar mengenai penjual atau toko tersebut apakah banyak mendapat pujian atau makian dari para pembelinya. Dengan membaca testimonial dari para pelanggan toko tersebut, Anda bisa mengetahui kualitas produk yang Banditawarkan oleh penjual toko online tersebut.


6. Bandingkan produk yang akan Anda beli di beberapa website.
Ada baiknya untuk membandingkan harga produk yang Anda minati di beberapa website serupa sebelum Anda memutuskan untuk membeli. Anda mungkin menemukan beberapa toko lain yang menawarkan produk yang sama dengan harga lebih rendah. Dengan cermat sebelum membeli Anda dapat menghemat banyak uang.

7. Sediakan akun email khusus untuk belanja online.
Buatlah nama dan password khusus untuk berbelanja online. Hal ini untuk menghindari kejahatan internet yang saat ini banyak terjadi. Pemisahan akun email khusus ini juga baik untuk mencegah email sampah dan memisahkan email yang biasa Anda gunakan untuk bekerja atau berhubungan dengan keluarga dan teman.

8. Beli voucher dari sumber yang Anda kenal dan percaya.
Hindari membeli voucher dari situs lelang online karena bisa jadi voucher tersebut palsu atau sudah tidak berlaku lagi.

9. Pajak dan biaya pengiriman jangan dilupakan.
Perhatikan juga tentang pajak dan biaya pengiriman yang terkait dengan produk yang Anda minati sebelum memutuskan untuk membeli. Jumlahkan pajak dan biaya pengiriman sebagai pertimbangan sebelum membeli karena ini biasanya tidak dimasukkan dalam harga produk yang ditampilkan.

10. Toko online yang memiliki website.
Sebaiknya beli produk dari toko yang memiliki website dengan hosting sendiri, bukan website gratisan. Seorang penjual yang profesional dan serius ingin melakukan bisnis tentu bersedia untuk membeli domain dan menyewa hosting sendiri.

11. Pembayaran lewat pos tidak disarankan.
Jangan pernah mengirimkan uang tunai melalui pos karena Anda akan kesulitan melacak apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman uang.



Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di
http://informasitips.com/tips-aman-belanja-online




2 comments:

No spam comments! .