10 Tempat wisata di Indonesia yang paling menarik dan patut dikunjungi (2)

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel  yang saya tulis sebelumnya yang berjudul 

6. Gunung Bromo. 

 Obyek wisata Gunung Bromo terdapat di komplek pegunungan Tengger, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Daya tarik gunung berupa yang masih aktif ini adalah terdapatnya kawah di tengah kawah dengan hamparan pasir yang mengelilinginya. Gunung Bromo (atau yang dalam bahasa Sanskerta Gunung Brahma) dipercaya sebagai gunung yang suci oleh penduduk suku Tengger. 

Image credit : belantaraindonesia.org
Upacara Kasodo atau Yadnya Kasada digelar satu tahun sekali oleh penduduk setempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara yang dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Pemandangan yang sangat indah terutama saat matahari terbit di Gunung Bromo membuat obyek wisata ini tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja. 


 7. Yogyakarta. 

 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah salah satu kota tertua di Indonesia yang sebaiknya juga masuk dalam daftar tempat wisata yang patut Anda kunjungi. DIY terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. 

Banyak sekali pilihan wisata yang bisa Anda lakukan di Yogya seperti antara lain mengunjungi Istana Sri Sultan Hamengkubuwono atau yang lebih dikenal dengan nama Kraton Ngayogyakarta, wisata ke pantai Parang Tritis, melihat pertunjukan wayang kulit, dan melihat keindahan arsitektur bangunan kolonial peninggalan jaman penjajahan Belanda. 

Image credit : en.wikipedia.org
 Anda juga bisa menyaksikan pentas seni Sendratari Ramayana di pelataran Candi Prambanan, Kalasan, Sleman, DIY. Wisata ke Yogya rasanya akan lebih lengkap apabila Anda juga menyusuri jalan Malioboro dimana Anda bisa membeli berbagai kerajinan khas dan keunikan produk lokal seperti batik dan blangkon Yogya. Jangan lupa untuk mencicipi masakan tradisional khas Yogya yakni Gudeg, Bakpia dan Geplak. 


 8. Danau Toba 

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Terdapat pulau vulkanik bernama pulau Samosir di tengah danau ini yang terletak di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba terbentuk saat terjadi ledakan gunung berapi yang sangat besar 69.000 - 77.000 tahun yang lalu. Ledakan ini diperkirakan sebagi salah satu ledakan terbesar di dunia. 

 Pemandangan yang indah dikelilingi bukit, suasana yang nyaman dengan udara yang sejuk dan segar sangat menarik banyak turis mendatangi tempat ini. Nikmati keindahan bekas supervolcano terbesar di dunia ini terutama saat matahari terbenam dengan menyewa perahu motor atau berperahu mengelilingi danau dan mengunjungi pulau samosir. 

Image credit : travelingworld-info.blogspot.com
 Apabila Anda belum pernah mengunjungi danau Toba, Anda bisa mencapai tempat rekreasi ini dengan menyewa mobil menuju Parapat dari kota Medan. Di pulau Samosir terdapat rumah - rumah adat raja - raja Batak jaman dahulu kala, juga kuburan para raja di wilayah Tomok. 


 9. Taman Nasional Tanjung Putin. 

 Taman nasional ini berlokasi di kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin, Kalimantan Tengah. Hutan hujan tropis dataran rendah di Kalimantan yang memiliki bermacam jenis flora dan fauna menjadikan Taman Nasional Tanjung Puting salah satu tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. 

Terdapat sekitar berbagai jenis fauna yang hidup liar di hutan Tanjung Puting yang masih alami, beberapa di antaranya adalah orangutan, bekantan, beruang madu, kijang dan kancil. Pada tahun 1977 UNESCO menetapkan Taman Nasional Tanjung Puting sebagai Cagar Biosfir. Untuk mencapai kawasan ini dari bandara pangkalan Bun Anda melanjutkan perjalanan darat menuju Kumai. 

Image credit : orangutanexplore.com
Selanjutnya perjalanan dari Kumai ke desa Tanjung Harapan dilakukan dengan menggunakan klotok atau perahu. Di kawasan konservasi ini Anda bisa melihat dengan dekat kehidupan satwa yang unik dan semakin langka di muka bumi ini. Melihat secara langsung kehidupan alam sambil menyusuri sungai mendengar banyak suara - suara binatang hutan dan burung - burung tentu menjadi suatu pengalaman yang tidak terlupakan. 


 10. Kepulauan Bangka Belitung. 

 Ada begitu banyak tujuan bagi Anda dalam melakukan wisata bahari salah satunya Raja Ampat dan pulau Bali seperti yang telah disebutkan di atas. Tidak kalah indahnya kepulauan Bangka Belitung menawarkan panorama alam pantai - pantainya yang mempesona. Provinsi kepulauan Bangka Belitung yang berada dekat provinsi Sumatera Selatan terdiri dari dua pulau utama yakni pulau Bangka dan pulau Belitung serta ratusan pulau - pulau kecil di sekitarnya.

Image credit : worldstourism.com

Tulisan di atas hanyalah kutipan saja, silahkan baca artikel saya selengkapnya di


2 comments:

  1. mbak Sari, lajarin saya buat read more di blog...masih bingung nih mbak...^^

    ReplyDelete
  2. Coba buat artikel baru atau pakai artikel yang sudah Septy pasang di blog. Pastikan post editor dalam keadaan compose mode.

    Lalu tempatkan cursor mouse di akhir kalimat yang mau dipotong, lihat pilihan tools dan klik "insert jump break" - icon bergambar kertas yang digunting dengan gunting zig-zag. Semoga bisa ya :-)

    ReplyDelete

No spam comments! .